Apa Sebenarnya Fungsi Kantung Kecil di Celana Jeans?

Apa Sebenarnya Fungsi Kantung Kecil di Celana Jeans?

Kantung kecil celana jeans-(Disway/ istimewa)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM Pernahkah terpikir oleh Anda, apa sebenarnya fungsi kantung kecil atau disebut saku kelima yang berada di celana jeans?

Pasti Anda sekarang ini bertanya-tanya, kenapa ada kantung kecil di setiap celana jeans.

Jawabannya, kantung kecil pada celana jeans di masa lalu berguna untuk menyimpan arloji saku.

Keberadaan kantung kelima ini dapat ditelusuri kembali ke desain 'waist overall', yang merupakan nama asli untuk jeans biru yang dibuat oleh Levi Strauss & Co. 

Kantung tersebut muncul pada desain dalam paten yang diterima Strauss dan JW Davis untuk "Peningkatan dalam Pengikatan Pocket Openings", pada tanggal 20 Mei 1873.

Pertama kali digunakan secara massal pada tahun 1890 dengan jeans Lot 501, model jeans Levis 501 saat ini.

"Saku arloji adalah fitur dari baju terusan pinggang pertama kami,” kata sejarawan internal Levi Strauss & Co, Tracey Panek.

Tracey Panek menceritakan tentang masalah ini yang menjadi misteri sebagian orang yang menggunakan jeans hingga sekarang.

Panek mengungkapkan, penggunaan saku depan kecil pada Jeans sudah ada sejak tahun 1800-an.

Tracey mengatakan, saku arloji adalah fitur dari terusan pinggang pertama Levi Strauss & Co.

Tracey  juga menambahkan bahwa kompartemen arloji saku edisi yang sama, tidak akan ditemukan di celana jas karena sudah memiliki saku di jaket untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari. 

Menariknya, celana dengan saku mungil ini dikenal dengan sebutan "celana berkantong lima" meski saku mungil tersebut bukanlah tambahan kelima pada desainnya. 

Merek yang berbeda menempatkan kantong kecil di tempat yang berbeda. Ada yang menaruhnya di depan, di samping saku yang lebih besar. Lainnya memiliki saku yang lebih kecil di dalam saku samping berukuran biasa.

Namun untuk jeans Levi's, pada dasarnya tidak berubah sejak abad ke-19. 

Satu pengecualian, kata Panek terjadi pada Perang Dunia II.

"Satu fakta menarik tentang saku arloji adalah bahwa selama Perang Dunia II, kedua paku keling di sudutnya dilepas sebagai cara untuk menghemat logam untuk keperluan perang, dan paku keling kembali ke saku arloji setelah perang," kata Panek. 

Pada tahun 1901, saku kelima ditambahkan ke Levi's 501 yang akhirnya menjadi saku kiri belakang.

Panek lebih lanjut menjelaskan, kantong arloji merupakan elemen asli dari jeans biru Levi Strauss & Co, seperti paku keling di saku, kancing, jahitan saku belakang melengkung, dan tempelan kulit.

Ia mengungkapkan alasan di balik pelestarian kompartemen tradisional lama pada jeans zaman modern.

"Untuk menjaga integritas desain awal, Levi Strauss & Co. mempertahankan saku arloji,” ujarnya.

Saat ini, tidak ada seorang pun yang membawa arloji saku, dań sekarang digunakan untuk membawa AirPods atau sekumpulan pin darurat dan ikat rambut. 

Beberapa juga menggunakan kantong bersejarah untuk membawa korek api. 

Meskipun aspek fungsional dari kantong ini telah memudar seiring berjalannya waktu, nilai historisnya tetap diutamakan seiring dengan perubahan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id