DP3A Kukar Hadirkan Perpustakaan Ramah Anak

DP3A Kukar Hadirkan Perpustakaan Ramah Anak

Perpustakaan Kukar. -istimewa-


--
Kukar, nomorsatukaltim - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar meluncurkan program Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), di beberapa sekolah dan desa kelurahan. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas informasi layak anak yang berasal dari perpustakaan.

“Program PISA ini adalah program pertama yang dilakukan oleh DP3A Kukar bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kami ingin perpustakaan menjadi sahabat anak, bukan hanya tempat buku menumpuk,” ujar Jabatan Fungsional Kemasyarakatan DP3A Kukar, Saipul Anwar, Jumat (8/12/2023).

Menurut Saipul, program PISA ini tidak mengeluarkan biaya APBD, melainkan hanya mengemas ulang fasilitas yang sudah ada di perpustakaan. Salah satu contohnya adalah Mandau Kutai Kartanegara yang berlokasi di Jalan Jelawat. Perpustakaan ini sudah distandarisasi untuk menyediakan informasi layak anak, baik dalam bentuk buku cetak maupun digital.

“Anak-anak bisa mengakses informasi layak anak melalui perpustakaan digital yang ada di hak sipil. Mereka juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh DP3A Kukar bersama dengan organisasi perangkat daerah tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan,” kata Saipul.

Saipul berharap program PISA ini bisa meningkatkan minat baca dan literasi anak-anak di Kukar. Ia juga mengajak semua pihak, termasuk dunia usaha, untuk mendukung program ini.

“Kami mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam program PISA ini. Kami berharap program ini bisa memberikan manfaat bagi anak-anak di Kukar, khususnya dalam hal mendapatkan informasi layak anak yang sesuai dengan hak mereka,” tutupnya. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: