Perbasi Kaltim Soroti Sapras Basket di Kaltim

Perbasi Kaltim Soroti Sapras Basket di Kaltim

Darwin Tandrin, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kalimantan Timur.--



Samarinda, nomorsatukaltim.disway.id - Ketua Pengurus Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kaltim, Darwin Tandrin menyoroti dampak pentingnya penetapan Ibukota Negara (IKN) di Benua Etam terhadap bidang olahraga, khususnya bola basket. Bahkan sarana dan prasarana (sapras) pendukiung menjadi perhatiannya.

Menurutnya, Pengprov Perbasi Kaltim memiliki fokus pada program pembangunan jangka panjang, dengan tujuan utama meningkatkan perkembangan bola basket di wilayah Kaltim.

“Perlu diingat, masa depan IKN dimulai dari olahraga kita, terutama bola basket. Perkembangan ini memerlukan waktu 5 hingga 10 tahun untuk mencapai level yang tinggi,” ujar Darwin (25/11/2023).

Salah satu aspek krusial yang diungkitnya adalah pentingnya lapangan basket yang memadai, termasuk kebersihan, ketersediaan sarana, dan prasarana yang memadai.



“Kita harus memastikan ada lapangan basket yang memadai. Tanpa itu, bagaimana kita bisa berlatih?” tegasnya.

Darwin juga menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia (SDM), terutama dalam hal pelatihan, untuk melahirkan calon-calon pemain bola basket yang berkualitas.

“Kami berkomitmen untuk mengembangkan pelatihan bagi para pelatih sehingga bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas. Jika kita butuh pemain hebat dari negara tetangga, kita harus mampu membawanya ke sini,” jelasnya.

Ia juga menyoroti kebutuhan akan fasilitas yang memadai dan peningkatan kualifikasi pelatih, bahkan dengan mencari pembelajaran dari para pelatih yang lebih berkualitas, seperti di Pulau Jawa.

“Kami ingin memastikan bahwa bola basket di Benua Etam tidak hanya bertahan, tetapi berkembang di arena yang lebih luas,” tandasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: