Rapikan Data Gender dan Anak Jadi Fokus DP3A Kukar

Rapikan Data Gender dan Anak Jadi Fokus DP3A Kukar

Kepala Bidang PUG, PP, PSDGA DP3A Kukar Chalimatus Sa’diah.-istimewa.-


--

Kukar, nomorsatukaltim – Keberadaan data gender dan anak sangat penting khususnya dalam membuat kebijakan. Karena sangat penting, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan rapat koordinasi dan sinkronisasi data pilah gender dan anak tahun 2023, di Hotel Senyiur Balikpapan, Selasa (5/12/2023).

Sebagaimana diketahui, data gender dan anak adalah data yang memilah informasi berdasarkan jenis kelamin dan usia. Data ini sangat berguna dalam pembangunan daerah, karena dapat menggambarkan kondisi dan perkembangan laki-laki dan perempuan termasuk anak, serta memberikan masukan untuk pengambilan keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman mereka.

Karena itu kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan data dari berbagai sektor yang berkaitan dengan gender dan anak, seperti pendidikan, kesehatan, sosial, ketenagakerjaan, dan lain-lain. Kepala Bidang PUG, PP, PSDGA DP3A Kukar, Chalimatus Sa’diah, mengatakan bahwa setiap perangkat daerah harus mendukung dan mengisi data indikator dan laporan sesuai dengan tugas dan fungsi mereka.

“Data gender dan anak dapat membantu kita untuk mengidentifikasi perbedaan kondisi dan perkembangan keadaan laki-laki dan perempuan termasuk anak, mengevaluasi dampak dari intervensi pembangunan terhadap laki-laki dan perempuan, serta mengidentifikasi masalah, membangun opsi, dan memilih opsi yang paling efektif untuk kemaslahatan laki-laki dan perempuan,” katanya.

Rapat koordinasi dan sinkronisasi data pilah gender dan anak tahun 2023 ini sejalan dengan visi dan misi daerah dalam mendorong pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. DP3A Kukar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas data gender dan anak sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan daerah. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: