Peringatan Abutta Banua, Gamalis : Rawat Kekayaan Budaya Berau

Peringatan Abutta Banua, Gamalis : Rawat Kekayaan Budaya Berau

Wabup Gamalis menutup Abutta Banua-Disway Kaltim-

TANJUNG REDEB, NOMORSATUKALTIM - Abutta Banua digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kelurahan Sambaliung dan HUT ke-3 PKL Basuli.

"Kita patut bersyukur, karena kegiatan ini berjalan sukses dan meriah," ujar Wakil Bupati Berau Gamalis pada acara penutuan Abutta Banua.

Gamalis mengungkapkan, Abutta Banua bukan hanya bermanfaat untuk menggembirakan dan mempererat persaudaraan antarmasyarakat. Tetapi, juga meningkatkan kesejahteraan.

Hal itu dikarenakan banyaknya pertunjukan seni dan budaya, dan beragam produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya PKL Basuli.

"Ini sangat bermakna. Karena beberapa waktu sebelumnya, perbaikan Jembatan Sambaliung memberikan dampak serius terhadap perekonomian masyarakat," ucapnya.

Ia berharap ke depannya kegiatan terus terlaksana, dan dapat meluaskan promosi budaya Kabupaten Berau, agar semakin dikenal dan diminati dengan menjangkau lebih banyak pengunjung.

Karena menurutnya, inti utama dari Abutta Banua yaitu menampilkan kebudayaan suku Banua, sebagai salah satu suku asli Berau. Yang diharapkan dapat terus lestari dan bermanfaat.

Gamalis juga mendorong peran dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Termasuk Dinas Koperasi, Industri, UKM, dan Perdagangan (Diskoperindag), pihak kesultanan, kelompok pengelola pariwisata, pelaku usaha wisata, dan masyarakat, agar dapat merawat kekayaan budaya Berau sebagai modal dalam membangun daerah menjadi semakin baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: