Tertekan Seruan Boikot Produk Terafiliasi Israel, Swalayan di Balikpapan Obral Diskon

Tertekan Seruan Boikot Produk Terafiliasi Israel, Swalayan di Balikpapan Obral Diskon

Seorang customer mengamati nama produsen produk sebelum memutuskan untuk membeli.-(Nomorsatukaltim/ Hariadi)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Gerakan boikot produk-produk terafiliasi Israel berlangsung masif di seluruh wilayah Indonesia.

Diawali oleh fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), gerakan ini meluas ke seluruh Tanah Air. Bahkan dampaknya bisa dirasakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terjadi penurunan signifikan penjualan produk-produk yang diduga terafiliasi Israel. Hal ini ditandai dengan obral diskon produk-produk yang selama ini tak pernah melakukan promo penjualan dengan cara ini.

Obral diskon ini, terpantau berlangsung sejak 3 hari terakhir di toko-toko ritel modern di Kota Balikpapan.

Contohnya, di Indomaret Cabang Jl. Syarifuddin Yoes, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Produk-produk Unilever seperti shampo, sabun mandi, sabun cuci piring dan pakaian, dan produk sejenisnya diberi label "potongan harga" untuk menarik minat pembeli.

"Belum pernah saya lihat produk-produk Unilever ini didiskon seperti ini. Bahkan ini sengaja dipajang di depan. Biasanya di rak biasa saja," demikian kata Dian, salah satu costumer yang ditemui Nomorsatukaltim di gerai Indomaret, pada Sabtu (18/11/2023).

Selain itu, produk-produk Coca-cola dan Danone grup juga mendapat treatment serupa dari manajemen Indomaret.

Termasuk minuman kaleng merek AW, produk perusahaan asal Amerika Serikat (AS) juga diberi label potongan harga.

"Tapi saya tidak minat beli. Biar aja murah. Masih banyak produk pengganti lainnya," ujar perempuan berkerudung tersebut.

Diskon produk Unilever dan Coca-cola grup juga berlangsung di Maxi Swalayan, Kelurahan Balikpapan Selatan. Terpantau banyak produk milik grup perusahaan AS dengan label diskon, untuk menarik minat konsumen.

"Sempat ditawarin, tapi saya nggak mau. Ini cara saya membantu perjuangan rakyat Palestina," demikian kata Aji. Seorang remaja yang ditemui media ini di swalayan tersebut.

Kondisi serupa juga terpantau Lotte Mart yang berada di Jl. Ruhui Rahayu (Ringroad), Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan.

Produk-produk perusahaan Amerika Serikat tersebut terpantau tertumpuk rapi di sepanjang jalan masuk swalayan. Termasuk deretan susu produk Nestle tercatat turun harga.

Meski demikian, tak terlihat aksi borong oleh pengunjung hipermarket terbesar di Kota Minyak tersebut.

Pemandangan ini cukup aneh, sebab di Lotte Mart merupakan salah satu tempat kulakan para pedagang di Kota Balikpapan. Aksi borong di tempat ini jamak terjadi saat berlangsung obral diskon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: