KPU Berau Siapkan 4.060 Bilik Suara untuk 807 TPS

KPU Berau Siapkan 4.060 Bilik Suara  untuk 807 TPS

Ketua KPU Berau, Budi Harianto-Disway Kaltim-

TANJUNG REDEB, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan berbagai persiapan dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu). Salah satunya menyiapkan kebutuhan logistik berupa bilik kotak suara.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 4.060 bilik kotak suara dalam Pemilu mendatang.

"Kotak suara yang jelas jumlahnya makin besar dibanding tahun 2019 lalu. Kalau Pemilu tahun depan ada 4.060 bilik suara kita sediakan,'' ujarnya, Selasa (14/11/2023).

Dengan bertambahnya bilik kotak suara pada Pemilu 2024 mendatang, Budi menegaskan keamanan distribusi logistik akan ditingkatkan bersama TNI-Polri.

"Tentu juga keamanannya tetap menjadi prioritas utama, karena kotak suara ini terdapat beberapa logistik yang memang nanti bisa di buka di TPS, lalu segelnya harus aman terjaga,'' ungkapnya.

Dirinya juga telah berkoordinasi bersama pihak kecamatan dan kelurahan terkait prosedur pengiriman bilik kotak suara ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada jauh dari pusat kota.

"Baik koordinasi penambahan personil antar bilik kotak suara atau logistik, bahkan koordinasi penambahan armada transportasi,'' ucapnya.

Budi menjelaskan, untuk jenis bilik kotak suara pada Pemilu 2024 mendatang masih sama menggunakan karton duplex. Dikarenakan kekuatannya sudah ter uji lebih baik dibandingkan menggunakan produk kardus.

Kemudian, lanjut Rudi, saat ini hasil pendataan KPU Berau telah tercatat ada 807 TPS yang tersebar di 13 Kecamatan dan 110 Kampung atau Kelurahan. Dan masing-masing tersedia lima kotak. Untuk lima jenis pemilihan yaitu Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota kotaknya Berbeda-beda.

Sementara itu, untuk tahapan prosedur pendistribusian bilik kotak suara, nanti dari logistik KPU Berau kemudian lanjut dikirim ke setiap TPS Kecamatan.

"Nanti dibagi perkampung, perkecamatan tidak perlu para petugas TPS datang ke KPU Berau,'' ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: