Berau Kaya Hasil Laut, Bupati Minta Dinas Perikanan Lakukan Pendampingan

Berau Kaya Hasil Laut, Bupati Minta Dinas Perikanan Lakukan Pendampingan

Panitia Festival Ikan Batiwakkal menyerahkan ikan hias kepada Bupati Berau Sri Juniarsih-Disway Kaltim-

TANJUNG REDEB, NOMORSATUKALTIM - Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke-10, Komunitas Ikan Hias bersama Dinas Perikanan Kabupaten Berau menggelar Festival Ikan Batiwakkal, yang dibuka Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, di Gedung Graha Pemuda pada Senin (13/11/2023).

"Setiap tahun rutin kita laksanakan (Hari Ikan Nasional) setiap tanggal 21 November, sebagai refleksi bersama akan kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Berau, yang sudah sepatutnya selaras dengan peningkatan pemenuhan gizi masyarakat," ujar Bupati Sri Juniarsih.

Lanjutnya, ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi, tentu akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan kuat. Sekaligus mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Apalagi, saat ini angka prevalensi stunting di Berau sebesar 21,6 persen, yang akan terus kita upayakan agar terus menurun hingga mencapai 14 persen, sesuai target nasional," ujarnya.

Dikatakan, Pemkab Berau memberikan perhatian besar pada program-program pemenuhan pangan dan gizi masyarakat, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan untuk kesejahteraan. Hal ini juga berkaitan dengan melimpahnya berbagai jenis ikan di Berau.

"Kita sama sekali tidak kekurangan komoditas ikan. Kita pun juga memiliki daya kreativitas untuk mengolahnya menjadi bahan makanan maupun mengemasnya dalam kemasan siap konsumsi," ujar Bupati.

Selain itu, ujarnya, Pemkab Berau melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terus melakukan pembinaan pada pelaku UMKM di kampung-kampung penghasil ikan, menyosialisasikan Gemar Ikan, Irau Manutung Jukut, kompetisi olahan berbahan dasar ikan, dalam rangka menyosialisasikan penting dan sehatnya mengonsumsi ikan sebagai sumber protein hewani, dan juga harganya yang relatif murah.

Dirinya mendorong kepada jajaran Dinas Perikanan Berau, agar terus melakukan pendampingan kepada nelayan dan masyarakat, lakukan penganekaragaman komoditas ikan, tingkatkan usaha budi daya, khususnya untuk komoditas- komoditas unggulan laut Berau. Seperti udang. Dan, juga menjalin kerja sama dengan pihak terkait seperti YKAN untuk bersama-sama memaksimalkan potensi kekayaan laut Berau.

"Artinya, aktivitas penangkapan ikan harus dilakukan secara bijak, dengan tidak menggunakan bahan peledak dan merusak. Agar kelestarian perairan kita terus terjaga dan bermanfaat untuk waktu yang lama," ujar Bupati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: