Subari Apresiasi Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar

Subari Apresiasi Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar

Wakil Ketua Parlemen Balikpapan, Subari.-Adhi-Disway Kaltim

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Subari memberikan dukungan atas program pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD.

Hal ini diungkapkan Subari di sela-sela kegiatan Festival PAUD Kota Balikpapan, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC-Dome) pada Selasa, 5 September 2023.

Menurut Subari, Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar memberikan efek positif pada pembangunan sumber daya manusia. Karena itu program tersebut harus melibatkan berbagai pelaku kepentingan.

"Dan hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab bersama dalam mengembangkan minat dan berakhlak yang baik," kata Subari.

 

Gerakan Transisi PAUD ke SD mengatur tiga target perubahan mulai tahun ajaran baru, yaitu: tidak ada tes calistung saat penerimaan peserta didik baru (PPDB). 

Kedua, menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik baru sehingga lebih mudah beradaptasi; serta merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan informasi tentang kebutuhan anak sesuai dengan rambu-rambu asesmen awal yang ada di alat bantu pembelajaran pada dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru. 

Dan ketiga merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, membangun kemampuan fondasi, dan tidak ada tes.

 

Subari juga berharap anak-anak punya kemampuan adaptasi yang baik ketika memasuki jenjang SD.

 

“Tentu kami dari DPRD sangat mendukung. Dukungan juga dari sisi anggaran khususnya dunia pendidikan. Karena ini penting sebagai generasi kita untuk membangun kota Balikpapan lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah perlu memastikan murid-murid PAUD memperoleh gizi yang baik di masa emas pertumbuhannya.  

 

“Dengan kebutuhan gizi dan kesehatan juga dibutuhkan agar pesan moral dan melindungi kesehatan bisa menjadi salah satu instrumen penting yang mendukung terwujudnya Kota Balikpapan layak anak,” katanya.

Festival PAUD dihadiri ratusan anak-anak PAUD di Balikpapan dan guru pembimbing. Juga dilakukan penandatanganan kerja sama dengan beberapa stakeholder di Balikpapan. (adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: