1.725 Lampu PJU Terpasang Tahun Ini, Realisasi Sudah 90 Persen

1.725 Lampu PJU Terpasang Tahun Ini, Realisasi Sudah 90 Persen

Ilustrasi lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Balikpapan.-(Disway/ Istimewa)-

Balikpapan, NOMORSATUKALTIM – Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan menargetkan, hampir 2.000 Penerangan Jalan Umum (PJU) terpasang tahun 2023.

Kepala Dishub Balikpapan, Adwar Skenda Putra menyebut, 1.725 lampu PJU akan segera terealisasi. Sebab, pada triwulan ke IV  Oktober kemarin, 90 persen sudah terpasang.

"Pemasangan PJU dan tiang hingga lampu, dan dilakukan penataan PJU pada kawasan Jl Jenderal Sudirman maupun Jl Marsma Iswahyudi," kata Adwar, Rabu (1/11/2023).

"Kemudian Kilometer 13 Jl Soekarno-Hatta, Mulawarman, Jl Indrakila. Ditambah permohonan lingkungan masyarakat yang memohon dari tahun 2022 sekitar 800 permohonan," sambung Kepala Dishub Balikpapan.

Lebih jauh, disampaikan Adwar, total anggaran pemasangan PJU tahun 2023 sekitar Rp 38 miliar.

Alokasi ini berasal dari APBD Balikpapan sebesar Rp 25 miliar dan Bantuan Keuangan Provinsi senilai Rp 13 miliar.

Sementara itu, Adwar Skenda Putra juga mengatakan, pemasangan PJU lingkungan masyarakat yang bisa dicover pihaknya adalah di ketinggian di atas 4 meter.

Realisasi pemasangan memerlukan survei terlebih dahulu. Untuk mengetahui apakah kewenangan itu masuk di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) atau Kecamatan.

"Kalau di atas 4 meter masih bisa dicover. Tahun ini permohonan PJU baru sudah tembus 300 pemohon," katanya.

Sementara itu, kata Adwar, tahun depan pihaknya merencanakan pergantian tiang PJU yang sudah tidak layak.

"Tahun depan, rencana pergantian tiang PJU beberapa titik karena sudah keropos. Kalau diganti kami lihat juga, (pertimbangan) estetiknya," tandas Adwar .

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: