Efektif Cegah Cacar Monyet dengan Hubungan Seksual yang Sehat

Efektif Cegah Cacar Monyet dengan Hubungan Seksual yang Sehat

Ilustrasi cacar monyet-(Disway/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM – Hubungan seksual yang sehat dengan pasangan yang sah, merupakan kunci menghindari penularan cacar monyet atau monkey pox.

Hal ini disampaikan oleh Spesialis Dermatologi, Venereologi, dan Estetika dr Adi Satriyo.

"Hindari hubungan seksual yang berisiko," tegasnya dalam gelar wicara terkait Cacar Monyet di Jakarta, yang dilansir dari Antara, Selasa (25/10/2023).

Menurut Adi, hubungan seks berisiko adalah berganti-ganti pasangan, serta hubungan sesama jenis. Praktik ini dapat meningkatkan risiko tertular virus cacar monyet.

Selain itu, kata Adi, virus cacar monyet juga dapat menular melalui kontak antara kulit dengan kulit, serta melalui benda mati yang sempat mendapatkan kontak dengan penderita monkey pox.

Pun demikian, mayoritas kasus cacar monyet ditularkan melalui hubungan seks. Namun tak menutup kemungkinan menular melalui kontak erat dengan pasien cacar monyet.

"Mereka juga bisa menular melalui benda mati di sekitar pasien," ujar dokter yang berpraktik di RSUP Persahabatan, Jakarta tersebut.

Gejala cacar monyet secara umum yakni ruam dan lesi lepuh berisi air atau nanah pada kulit.

Dalam kasus yang penularannya melalui hubungan seksual, lesi biasanya muncul tidak jauh dari organ genital, anus, atau mulut.

Selain itu, jelas Adi, cacar monyet memiliki ciri khusus, yakni pembengkakan kelenjar getah bening.

Sementara itu, hingga Rabu (25/10/2023) siang, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan penambahan kasus cacar monyet di Jakarta, menjadi 13 kasus positif.

Kasus positif cacar monyet pertama ditemukan pada Agustus 2022. Pada 13 Oktober, kasus kembali bertambah satu.

"Update monkeypox DKI Jakarta per 25 Oktober 2023 jam 09.00. Total kasus positif 13 orang," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama dalam keterangan tertulis.

Salah satu pasien positif cacar monyet yang ditemukan pada 23 Oktober merupakan kontak erat seksual dari pasien positif.

Sebelas orang yang menjadi suspek cacar monyet telah menjalani pemeriksaan di laboratorium PCR. "Suspek atau terduga bergejala 11 orang," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara