Prabowo Capres Paling Tajir

Prabowo Capres Paling Tajir

Spanduk Prabowo-Gibran.--dok. Tempo

NOMORSATUKALTIM – Sampai hari ini, hanya Prabowo Subianto yang belum menentukan pasangannya untuk maju di Pilpres 2024. Pasangan capres lain, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sudah lebih dahulu mendaftar di KPU. Begitu pula pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Di antara tiga capres yang menghiasi bursa capres di Pilpres 2024, siapa yang paling kaya? Berikut perbandingan cuan kekayaan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Anies Baswedan

Dilihat dari data e-lhkpn KPK, Sabtu (21/10/2023), kekayaan Anies Rasyid sepanjang 2022 mencapai Rp 11,19 miliar. Aset harta bergerak di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, berupa perabotan rumah tangga, barang elektronik, perhiasan dan logam atau batu mulia. Ada pula barang seni, antik, koleksi, hingga barang hobi maupun konsumtif lain.

Anies tercatat memiliki aset berupa 5 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan hingga Ponorogo. Ia juga punya tiga unit kendaraan, antara lain, satu unit mobil dan dua unit motor senilai Rp 550 juta. Untuk harta bergerak Anies mencapai Rp 1,39 miliar. Ia juga punya surat berharga senilai Rp 61,1 juta dan kas setara kas sebesar Rp 1,40 miliar.

Ganjar Pranowo

Dikutip dari LHKPN per 30 Maret 2023, total harta kekayaan Ganjar sebesar Rp 13,45 miliar. Harta ini terdiri dari tanah dan bangunan yang totalnya Rp 2,74 miliar.

Tanah dan bangunan Ganjar tersebar di tujuh lokasi dari Purbalingga sampai Sleman. Tanah bangunannya hasil sendiri, ada juga harta warisan.

Ia punya kekayaan alat transportasi dan mesin senilai Rp 1,42 miliar. Kendaraan Ganjar, antara lain, mobil Nissan Teana tahun 2013, Mitsubishi Pajero Sport tahun 2018, Toyota Crown 2008, dan Hyundai Ioniq EV Signature AT tahun 2021.

Ganjar juga punya motor Viar Scooter 2018 dan Kawasaki ER-6N tahun 2012. Semua kendaraan tercatat atas hasil sendiri. Harta bergerak lainnya yang dimiliki Ganjar senilai Rp 676,11 juta. Lalu, ada pula kas dan setara kas senilai Rp 9,98 miliar.

Prabowo Subianto

Untuk capres ketiga Prabowo Subianto, ia capres paling tajir melintir. Sampai 2022, total harta kekayaannya mencapai Rp 2,04 triliun, mengutip LHKPN per 31 Maret 2023.

Rincian kekayannya, 10 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 275,32 miliar, alat transportasi dan mesin dengan tujuh mobil dan satu motor totalnya Rp 1,26 miliar. Lalu harta bergerak lain sebesar Rp 16,41 miliar, kas dan setara kas Rp 2,52 miliar, dan harta lainnya Rp 45 miliar.

Kekayaan terbesar Ketua Umum partai Gerindra ini disimpan dalam bentuk surat berharga yang mencapai Rp 1,70 triliun. Tapi ia masih punya hutang miliaran. Jika total hartanya dikurangi hutang sebesar Rp 8 miliar, maka harta kekayaan Prabowo mencapai Rp 2,03 triliun. Ia tetap menjadi capres terkaya di antara dua capres lainnya.

Pendamping Prabowo

Nama calon pendamping Prabowo masih misteri. Namun ada empat kandidat yang disebut jadi calon pendampingnya. Yakni Gubenur Jatim Khofifah, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan putra sulung Jokowi, Gibran. Di antara kandidat ini, disebut-sebut Gibran yang paling besar memiliki peluang.

Diwartakan sebelumnya, keinginan Prabowo menggandeng Gibran Rakabuming, telah disampaikan pada Jokowi di dua pertemuan di Istana. Ia menyampaikan keputusan menggandeng Gibran sudah 90 persen.

Belakangan muncul nama lain di luar kandidat yang santer disebut. Sosok itu, Yusril Ihza Mahendra. Prabowo berencana mendaftar ke KPU pekan depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: