Ekowisata Wonosari Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di IKN

Ekowisata Wonosari Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di IKN

Sejumlah pegawai KLHK menumpang perahu karet menyusuri lubang bekas tambang di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (16/10/2023). -(Antara)-

Sigit mengisahkan, dulu Presiden Joko Widodo meminta Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar untuk membuat beberapa alternatif tujuan wisata, saat mengetahui jika di sekitar IKN belum ada destinasi wisata.

Akhirnya, dipilihlah  lubang eks tambang di Desa Wonosari untuk direvitalisasi menjadi kawasan ekowisata, melengkati Titik Nol IKN yang kini sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Berdasarkan dokumen detail engineering design, ada lima lokasi pemulihan bekas tambang di IKN, yaitu Desain Pemulihan Wonosari, Desain Pemulihan Batuah, Desain Pemulihan Batuah, Desain Pemulihan Teluk Dalam, Desain Pemulihan Seluang, dan Desain Pemulihan Margomulyo.

"Jadi, alternatif semakin banyak. Orang ke sini tidak hanya di titik nol IKN, tetapi juga satu putaran itu," kata Sigit.
KLHK mencatat bukaan tambang di wilayah IKN seluas 17.996,74 hektare dengan status izin usaha pertambangan atau IUP aktif sebanyak 11.835,01 hektare, IUP tidak aktif 2.519,94 hektare, dan tidak ada informasi sebanyak 3.641,80 hektare.

Direktur Pemulihan Kerusakan Lahan KLHK Edy Nugroho mengatakan pemulihan lahan bekas tambang paling cepat adalah konsepnya diintegrasikan dengan wisata.

Apabila pemulihan dilakukan dengan penanaman minimal tiga tahun baru bisa berproduksi, sedangkan jika dengan ekowisata bisa langsung menghasilkan manfaatkan bagi masyarakat dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: