Tradisi Suku Tidung ini Masuk KEN

Tradisi Suku Tidung ini Masuk KEN

Penurunan Padaw Tuju Dulung di Pantai Amal Tarakan, Minggu (8/10/2023).-(Disway/ Istimewa)-

Tarakan, NOMORSATUKALTIM - Puncak acara Iraw Tengkayu XII digelar di Wisata Ratu Intan Pantai Amal, Tarakan, Minggu (8/10/2023). Rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sejak 1 Oktober 2023 lalu, menampilkan pekan kebudayaan daerah, olahraga tradisional, serta pawai kebudayaan.

Puncak iraw ini ditandai dengan penurunan dan pelarungan Padaw Tujuh Dulung. Padaw Tuju Dulung yang dari bahasa suku Tidung berarti perahu tujuh haluan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara, Bustan hadir dalam sambutannya mengatakan, Iraw Tengakyu merupakan acara adat yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat  suku Tidung yang mendiami Kota Tarakan.

“Upacara ini sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih masyarakat Suku Tidung kepada Tuhan atas limpahan hasil laut yang diberikan,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Tarakan dan seluruh masyarakat Suku Tidung yang telah berupaya melestarikan tradisi tersebut.

Ia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, masyarakat suku Tidung  dapat lebih mengenal dan memahami budayanya sendiri.

Dikatakan juga, sesuai dengan rilis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Iraw Tengakyu 2023 ini merupakan salah satu bagian dari 110 Karisma Event Nusantara (KEN).

“Tentunya kita berharap Iraw Tengakyu akan selalu menjadi bagian dari KEN tiap tahunnya. Untuk itu, tradisi ini harus dikelola dengan baik dan profesional sehingga menjadi magnet wisatawan domestik maupun mancanegara,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dkisp