Throwback, Nostalgia Cindara

Throwback, Nostalgia Cindara

Putri sulung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Cindara Rahmad. --Instagram @cindarar

NOMORSATUKALTIM – Nama Cindara Rahmad, lagi-lagi menarik perhatian. Setelah pada Maret silam, namanya sempat viral di Tiktok, kini postingannya kembali memantik pesona. Cindara, putri sulung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, beberapa kali memposting kegiatannya.

Namun, ia terbilang jarang aktif dibanding kebanyakan orang. Tak setiap hari rutin memposting.

Meski begitu, saat mengunggah foto atau video di akun Instagramnya @cindarar, pesonanya menyebar kemana-mana. Semisal unggahan teranyarnya, dengan karakter khasnya: irit dalam caption.

Terbaru, ia mengunggah foto dengan busana hitam, hijab hitam plus toga di atas kepalanya. Dengan busana ala wisuda, captionnya sekali lagi, hemat sekali.

Di akunnya yang punya 51,4k follower, Cindara hanya menulis:

“Throwback,” sembari mengucapkan terima kasih kepada kampusnya.

Throwback, sebuah kata bahasa Inggris yang artinya melempar ke belakang atau kembali pada apa yang telah terjadi. Bisa juga melihat kembali masa lalu.

Nah, istilah throwback ini sering digunakan di media sosial.

Biasanya digunakan untuk menggambarkan situasi saat kita ingin mengingat atau mengungkapkan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Di media sosial, throwback ini cocok dengan kondisi ketika seseorang mengunggah konten lama, dengan tujuan untuk mengenangnya.

Makna throwback termasuk bahasa gaul di media sosial, yang menunjukan sebuah konten dari masa lalu dan diunggah untuk bernostalgia.

Untuk mengungkapkan ekspresi di media sosial, para pengguna biasanya menggunakan bahasa atau istilah gaul yang hanya dimengerti sekelompok orang. Seperti diksi gaul throwback, ini.

Umumnya, orang akan menggugah foto throwback dengan menggunakan hashtag tambahan. Seperti hastag throwback, throwbackthursday atau kerap disingkat tbt. Sederhananya, throwback bertujuan mengenang momen masa lalu.

Diksi throwback juga menjadi salah satu istilah terpopuler di Instagram dengan lebih dari 123 juta postingan, yang menggunakan kata atau tagar tersebut. Khususnya di Instagram.

Di media sosial, arti throwback identik digunakan untuk mendeskripsikan singkat jika konten berupa foto atau video yang diunggah bertujuan untuk bernostalgia.

Postingan nostalgia Cindara kali ini pun, disambut ragam komentar apresiatif. Ada yang datang dari kerabat, kampusnya di London, ada pula dari Ivan Gunawan sang perancang busana, pembawa acara tv, model dan aktor.

Ivan bertanya, “Full look nya mana sih.”

Cindara pun menjawab singkat. “Hehee nanti next cindara post ya kak igun, thankyou for your beautiful dress,” balas Cindara.

Salah satu sejawatnya ikut menanggapi throwback Cindara, “Miss this moment,” tulis @ssorngspm.

Di unggahan foto ala wisuda itu, disertai juga foto lain yang menunjukan prosesi wisuda di kampusnya, University of Wesminster, London.

Dinukil dari laman resmi Wesminster, kampus ini diklaim sebagai politeknik pertama di London dan salah satu yang pertama di Inggris. Kampus ini didirikan sejak tahun 1838 atau sekitar 185 tahun silam.

Dijelaskan pula, lebih 19 ribu mahasiswa dari 169 negara kuliah di sana. Dengan ratusan mitra industri yang digandeng. Universitas ini terkenal dengan jurusan media dan modenya yang dinilai terbaik di dunia. Pilihan studinya ada desain kreatif dan industri digital, seni dan sains, manajemen bisnis, lain-lain.

Kampus ini termasuk salah satu dari sedikit universitas di Inggris yang menawarkan akses ke Financial Markets Suites Bloomberg dan laboratorium fabrikasi digital muktahir.

Cindara, yang berparas Timur Tengah, ternyata punya nama yang artinya luar biasa.

Sang Ibu, Nurlena Rahmad, pernah membocorkan arti di balik nama Cindara.

“Ada sejarah bahwa CINDARA adalah putri dari salah satu kerajaan /bangsawan dari tanah mandar Sulbar,” terang Bunda Lena, melalui salah satu postingannya.

Tidak heran, Rahmad Mas’ud juga memberi nama salah satu perusahaan galangan kapalnya dengan nama Cindara, lewat perusahaan: PT Cindara Pratama Lines. Perusahaan ini dibangun pada Februari 2007 dengan bisnis inti transportasi darat, air, distribusi dan pemasaran bahan bakar minyak Pertamina.

Selamat wisuda, selamat bernostalgia, Cindara…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: