Waspada, Bulan Ini El Nino Masih Menyerang

Waspada, Bulan Ini El Nino Masih Menyerang

ilustrasi el nino.--

nomorsatukaltim - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperingatkan fenomena El Nino di Indonesia mencapai puncaknya sekitar Juli, Agustus, dan Oktober 2023.

Kepala Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Kukuh Ribudiyanto, menjelaskan, El Nino tahun ini, mempengaruhi skema cuaca sejak 30 tahun terakhir.

Kukuh menyebut analisa kemarau yang dilakukan BMKG puncaknya sudah terjadi sejak bulan Juli lalu. Perkiraan kemarau dampak El Nino sampai Oktober mendatang.

"Puncaknya kemarau itu Agustus-September, normalnya nanti Oktober kearah transisi. Kalau El Nino nya masih moderat itu kita khawatirkan kemaraunya akan mundur jadi panjang. Jadi tergantung nanti perkiraan moderat sampai Oktober," jelas Kukuh.

Perkembangan kondisi El Nino dari data satelit BMKG diprediksi masih akan berlangsung hingga akhir Oktober. Kemudian, pada November akan terjadi transisi, dari musim kemarau ke musim hujan. El Nino diprediksi akan tetap berlangsung hingga akhir tahun.

El Nino sendiri merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normalnya. Fenomena El Nino tersebut terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Jika suhu muka laut terus meningkat, maka meningkat pula potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: