KPU Balikpapan Terima Berkas DCT Seluruh Parpol

KPU Balikpapan Terima Berkas DCT Seluruh Parpol

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha.--KPU

NOMORSATUKALTIM – Tanggal 3 Oktober lalu, menjadi hari terakhir penyerahan daftar calon tetap atau DCT. KPU Balikpapan memastikan telah menerima hasil perbaikan dari setiap partai politik yang ikut Pemilu 2024.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan, semua partai politik telah melakukan perbaikan sebelum menyerahkan berkas DCT. Perbaikan yang dimaksud seperti tanda gambar atau nama yang salah, anggota yang pindah dapil atau pergantian calon karena mengundurkan diri.

"KPU harus melakukan verifikasi administrasi dulu. Melakukan pencermatan DCT. Tidak serta merta nanti ditetapkan, tergantung syarat yang diajukan," ujar Thoha, Rabu (4/10/2023).

"Misalnya, ijazahnya terindikasi palsu dan sebagainya, pasti kita proses" terangnya.

Ia menyamapikan, tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan oleh partai-partai yang ikut pemilu tahun 2019 lalu. Partai politik sebelumnya sudah melakukan perbaikan saat pencermatan daftar calon sementara atau DCS.

"Partai besar yah Golkar itu. Lainnya cenderung stag, fixed," ujarnya.

Menurutnya, partai yang melakukan beberapa perubahan salah satunya dari Partai Buruh. Terjadi pergantian personil yang dicalonkan karena anggotanya mengundurkan diri.

"Misalnya Partai Buruh, ada beberapa anggotanya yang mengundurkan diri, tadi malam digantikan, pergantian," imbuhnya.

Ketua KPU Balikpapan ini memastikan, tak ada lagi calon yang tersangkut persoalan pidana dan mantan napi, seperti yang pernah beredar di pemberitaan.

Kata Thoha calon yang tersangkut masalah pidana sudah diganti saat perbaikan berkas DCS yang lalu.

"Kalau itu sudah selesai kemarin di pencermatan DCS. Sebelum DCS kan kita cermati juga, kemarin dalam masa-masa perbaikan bakal caleg yang terindikasi pernah dipidana, kayaknya sudah tidak melakukan perbaikan artinya tidak lanjut," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: