Pemerintah Paser Buka Akses Jalan Antar Desa yang Terisolir

Pemerintah Paser Buka Akses Jalan Antar Desa yang Terisolir

Nomorsatukaltim.com - Peningkatan infrastruktur terus dikebut Pemkab Paser, salah satunya poros antardesa. Seperti Desa Muara Pasir menuju Desa Harapan Baru Kecamatan Kuaro.

Selama ini, wilayah tersebut terisolir karena tidak ada akses darat menuju desa terkait.

Saat ini pengerjaan pembukaan jalan tengah dilakukan. Volume panjang mencapai 10 kilometer.

Bupati Paser Fahmi Fadli, di sela meninjau pengerjaan ruas antardesa, mengatakan mulai dibukanya jalan tersebut adanya persetujuan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim. Sebab, masuk kawasan cagar alam (CA).

"Kami menemukan pola, untuk membuka akses jalan Air Mati (Desa Harapan Baru) ke Muara Pasir melalui kerja sama yang akan kami jalankan. Tentunya dengan berbagai persyaratan, terkhusus yang akan dikerjakan di kawasan ini," kata Fahmi, Senin (21/8/2023).

Dengan dibukanya akses jalan, ia bilang bukan berarti dapat semerta-merta disusul pembangunan permukiman di kawasan yang berada dalam status CA.

Namun untuk jangka panjang dikatakannya akan dilakukan upaya pembebasan kawasan tersebut.

"Kami berharap masyarakat juga turut serta menjaga, turut melestarikan kawasan CA. Jika sudah kami akan koordinasikan dengan pihak BKSDA," ujar Politikus PKB, itu.

Bupati Fahmi menambahkan, pada 2023 akan dibangun jalan sepanjang 6 kilometer dulu, sisanya dirampungkan tahun depan.

Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto yang juga ikut meninjau pengerjaan dengan dibukanya akses ruas jalan baru itu, dinilai dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Paser, Hasanuddin Meradje mengatakan pengerjaan pembukaan jalan dengan panjang 6 kilometer menelan anggaran Rp 23,4 miliar.

"Kita bakal lanjut lagi pada anggaran 2024 masih ada sekitar empat sampai lima kilometer lagi," ujar Hasanuddin. (asa)

Reporter: Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: