Tak Lagi Manual, Pelayanan APT Pranoto Berbasis Digital

Tak Lagi Manual, Pelayanan APT Pranoto Berbasis Digital

Suasana pelayanan di Bandara APT Pranoto Samarinda. (Michael/DiswayKaltim) Samarinda, DiswayKaltim.com - Bandara APT Pranoto segera berbenah. Menjadi bandara berbasis digital. Semua kegiatan akan terkoneksi dalam satu server. Edufly Aviation akan menjadi pihak ketiga. Mengoperasikan program digital tersebut. Edufly Aviaton sendiri merupakan lembaga non maskapai dari Malaysia yang menyediakan jasa terkait penerbangan dan lainnya. Bahkan, pihak bandara APT Pranoto Samarinda sudah bertemu dengan tim tersebut. "Semua kegiatan di bandara termasuk pembayaran akan terkoneksi dengan satu server. Jadi tidak ada lagi menggunakan sistem manual di bandara. Semua otomatis," terang Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Darma Cahyadi, Senin (18/11/2019). Sistem yang digunakan yaitu Business to Business (B to B). Sehingga manajemen APT Pranoto tidak berharap bantuan dari negara. Seperti APBN. Sebaliknya. Edufly Aviation akan untung melalui transaksi yang dilakukan di APT Pranoto. "Sistem B to B ini negara tidak di bebankan. Negara tidak mengeluarkan dana untuk pengadaan barang di bandara, tapi bandara mendapatkan keuntungan," jelas pria penyuka traveling ini. Konsep lainnya adalah eco green. Yakni penataan bandara yang ramah lingkungan. Pihak bandara menggandeng PT Total. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). "Kami akan memanfaatkan dana CSR. Jadi, kami tidak menggunakan APBN atau pun APBD," tutup Dodi. (mic/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: