Biaya Pendidikan Beri Tekanan Inflasi Juli

Biaya Pendidikan Beri Tekanan Inflasi Juli

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Tahun ajaran baru diperkirakan akan memberikan tekanan inflasi pada Juli 2019, menyusul biaya pendidikan dan kebutuhan sekolah.

Selain itu, faktor lain yang bisa memengaruhi tekanan inflasi Juli, antara lain tingginya curah hujan yang bisa mengganggu produksi dan distribusi bahan pangan.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto mengungkapkan, beberapa faktor yang juga akan memberikan tekanan inflasi adalah risiko memasuki musim kemarau pada daerah sentra produksi, terutama di pulau Jawa, dan  penyesuaian tarif parkir Kota Balikpapan.

“Tahun ajaran baru ada penyesuaian biaya pendidikan dan kebutuhan sekolah,” ucapnya, Senin (1/7/2019).

Dengan beberapa faktor tersebut, lanjut Bimo, tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berupaya melakukan pengendalian inflasi dan memitigasi tekanan risiko.

“Langkah yang diambil melakukan pemantauan komoditas secara berkala melalui sistem Pusat Informasi Harga Pangan Strategis, melakukan pemantauan daerah sentra produksi terdampak banjir, gerakan stabilisasi harga melalui program Rumah Pangan Kita Bulog, aktivasi Kios Penyeimbang pada pasar Pandansari,” beber Bimo Epyanto. (K/ferry cahyanti/dah) Baca Juga : Biaya Pengeluaran Bahan Makanan Naik, Transportasi Malah Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: