Kadis DPMD Kutim Buka BID di Kaubun

Kadis DPMD Kutim Buka BID di Kaubun

Suwandi (dua kanan) meninjau lokasi BID di Kaubun

Jadikan Desa yang Kreatif dan Berinovasi

Sangatta, DiswayKaltim.com -  Untuk kesekian kalinya Bursa Inovasi Desa (BID) dilaksanakan.

Kali ini Kecamatan Kaubun menggelar BID yang dihelat di Kantor Camat Kaubun, beberapa hari yang lalu. Dengan harapan dapat memberikan wadah bagi desa saling berkompetisi positif membangun perkembangan daerahnya masing-masing.

Camat Kaubun Muhammad Amin menjelaskan, BID yang digelar di kecamatannya dipusatkan di kantor Kecamatan Kaubun.

Menurutnya, BID sangat positif dilaksanakan sebab dapat menjadi indikator untuk mendorong peningkatan kemajuan dan perkembangan desa di Kutim. Untuk mendorong menjadi desa yang mandiri dan maju.

“Kemajuan suatu desa dilihat dari Inovasinya. Nah, Bursa Inovasi Desa salah satu acara yang merangsang para penyelenggara desa untuk berinovasi,” kata Amin

BID yang digelar di Kaubun, mengusung moto “Kaubun Inovatif, Produktif, Berkualitas”. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Suwandi. Turut dihadiri unsur Muspika bersama BPD yang berasal di wilayah kecamatan pesisir Kutim, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Ditambahkan olehnya bahwa BID juga menjadi salah satu upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa (DD). Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi sesuai dengan potensi yang ada.

Sementara itu, Kepala DPMD Suwandi mewakili bupati Kutim mengatakan bahwa BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten. Merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten.

“Untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa terkait solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif,” jelasnya.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dipamerkan dalam BID, meliputi kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa. Seperti ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa. (oke/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: