UMKM Respons Positif KURKaltim.com

UMKM Respons Positif KURKaltim.com

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Tak butuh waktu lama bagi pelaku UMKM di Kaltim menerima keberadaan KURKaltim.com ini. Mulai di soft launching pada 24 November lalu. Pada 14 Desember, jumlah pengajuan KUR yang masuk sudah mencapai 116.

Dari 116 pengajuan KUR yang masuk itu, menurut Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim Made Yoga Sudharma, total plafon pengajuan sebesar Rp 9.539 miliar.

"Yang telah disetujui hingga pagi ini dengan total plafon sebesar Rp 275 Miliar dan sisanya masih dalam proses,” terangnya, Kamis kemarin.

Kemudian 18 debitur yang ditolak dengan total plafon Rp 1,345 miliar dan sisanya yaitu sebesar 68 debitur dengan total plafon Rp 5,497 miliar.

Ke depan, Made berharap masyarakat pelaku UMKM dapat lebih mempersiapkan proposal pengajuan KUR-nya dengan lebih cermat. Untuk memfasilitasi itu, telah disediakan berbagai informasi yang diperlukan. Mulai dari apa saja persyaratannya, bank mana saja yang menjadi rekanan, serta simulasi perhitungan kredit.

Khusus untuk simulasi itu, kata Made, calon nasabah dapat menghitung estimasi pembayaran bulanan beserta bunganya. Merujuk pada laman dimaksud, telah dibuatkan fitur simulasi dari jangka peminjaman 1 tahun sampai 5 tahun.

Walau memang, simulasi itu belumlah angka riil. Yang mana, setiap bank memiliki perhitungannya masing-masing. Namun tetap saja keberadaannya dirasa membantu. Minimal calon nasabah memiliki gambaran awal. Mengenai kemampuan membayar cicilannya.

Melihat respons positif ini, OJK Kaltim akan terus meningkatkan sosialisasi agar pelaku UMKM dapat terus memanfaatkan akses keuangan yang aman dan terjamin. Kata Made, OJK memiliki semangat yang sama melalui program business matching melalui penyediaan akses permodalan.

"Kami menegaskan kembali langkah dan komitmen dukungan OJK mendukung UMKM untuk terus tumbuh berkembang secara berkesinambungan serta cepat pulih dan bangkit dari dampak pandemi COVID-19," pungkasnya. DSH/AVA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: