PPU Sambut IKN Baru dengan Koperasi Baru

PPU Sambut IKN Baru dengan Koperasi Baru

PPU, nomorsatukaltim.com - Perlu ada banyak koperasi aktif untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim. Untuk mengakomodir banyaknya perusahaan yang akan masuk seiring pembangunan megaproyek itu.

Maka itu, salah satu program yang dikedepankan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Penajam Paser Utara (PPU) ialah pembentukan koperasi baru.

"Dengan IKN ini, saya yakin dan percaya, perlu ada banyak koperasi yang terbentuk," ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Purwantara, Senin, 20 Desember 2021.

Ia menjelaskan koperasi merupakan bentuk perusahaan organisasi. Yang mana tujuan utamanya bukanlah mencari keuntungan. Tetapi mencari kesejahteraan dari anggotanya.

Koperasi juga sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotanya. Dalam hal ini koperasi memiliki peran yang cukup besar terhadap usaha orang-orang dari kemampuan ekonomi terbatas.

"Koperasi itu setara dengan PT. Jadi ke depan, banyak investor masuk, dan perlu untuk bekerja sama dengan koperasi dalam melakukan usahanya," sambungnya.

Untuk yang dibentuk nanti, bisa koperasi simpan pinjam, serba usaha, produksi, konsumsi atau bahkan jasa. Namun begitu, Purwantara belum menyebutkan target yang perlu dibentuk.

Karena bidangnya juga sedang fokus dalam memverifikasi koperasi yang masih ada di PPU. Dari sekira 265 koperasi yang ada, diketahui ada 113 yang tidak aktif.

"Setelah itu diusulkan ke Kementerian Koperasi untuk dinonaktifkan, kami diberikan arahan untuk memverifikasi ulang. Jika benar koperasi itu tidak aktif, baru bisa dimatikan," tutupnya. (rsy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: