DPD PUTRI Kaltim Tegaskan Komitmen Level 3 saat Nataru

DPD PUTRI Kaltim Tegaskan Komitmen Level 3 saat Nataru

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Pemilik destinasi wisata lega, penetapan PPKM Level 3 serentak se-Indonesia pada masa Nataru. Tidak berbuntut penutupan objek wisata. Mereka boleh buka dengan catatan. Sebagai timbal balik, DPD PUTRI Kaltim pun menegaskan komitmen Level 3.

Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kaltim Dian Rosita mengaku, awalnya pemilik destinasi sempat galau. Kalau kebijakan penetapan PPKM Level 3 pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) bakal berimbas pada penutupan.

Pasalnya, selain tempat ibadah, mal dan destinasi wisata selama ini ditunjuk sebagai tempat yang paling berpotensi menyebarkan virus corona.

Padahal, momen libur panjang itu telah dinantikan oleh destinasi wisata. Karena termasuk waktu meraup ledakan pengunjung. Kesempatan meraup pendapatan lebih, setelah banyak hari sejak tahun 2020 pendapatan mereka minus.

Belakangan, PPKM Level 3 itu tidak mengintruksikan penutupan mal dan destinasi wisata. Hanya ada penyesuaian yang harus dilakukan. Seperti jumlah kunjungan maksimal 50 persen dari kapasitas yang tersedia. Tidak boleh menggelar event tahun baruan. Jam operasional yang relatif lebih singkat. Dan tentunya, penerapan prokes ketat.

Menanggapi itu, Dian Rosita mewakili sedikitnya 80 destinasi yang tergabung dalam PUTRI Kaltim. Menegaskan komitmen mereka. Bahwa operasional dari Nataru nanti bakal mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami akan menjalankan seluruh aturan PPKM Level 3. Perbedaannya dengan di Jawa, di sana mensyaratkan aplikasi PeduliLindungi. Di Kaltim belum karena ketercapaian vaksin belum memadai.”

“Tidak ada event musik, tari-tarian dan semua yang menundang keramaian,” ujarnya, Kamis 25 November malam.

Komitmen ini, dikatakan Dian, telah disepakati secara internal di tubuh PUTRI. Dia memastikan tak ada perlawanan dari pengelola destinasi wisata terkait ketetapan ini.

“Yang diinginkan teman-teman destinasi tetap boleh buka. Itu saja kami sudah bersyukur sekali. Alhamdulillah.

Dan sebagai bentuk rasa syukur itu, PUTRI Kaltim tak mau mengecewakan pemerintah. Mereka mendukung sepenuhnya kebijakan ini dengan kesadaran bahwa, isu kesehatan masih jadi yang perlu diprioritaskan hingga pergantian tahun kali ini.

Disinggung soal koordinasi dengan Tim Satgas COVID-19, Dian mengaku belum ada pembicaraan spesifik. Namun dipastikannya, PUTRI Kaltim beserta seluruh destinasi yang bernaung. Siap bekerja sama dengan Tim Satgas.

“Kami berharapnya Satgas bisa sama-sama menjadi pengawas. Bukan sekadar datang untuk menindak. Sesuai dengan tujuan pemerintah; mengamankan situasi.”

“Keinginan kami seperti itu. Jadi kita itu menggandeng. Jadi Tim satgas bisa mengutus tim di titik-titik destinasi. Untuk sama-sama mengawasi,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: