Manfaatkan Lahan Nganggur, Desa Bumi Jaya Bikin Kolam Renang

Manfaatkan Lahan Nganggur, Desa Bumi Jaya Bikin Kolam Renang

Bupati Ismunandar menggunting pita saat meresmikan kolam renang di Desa Bumi Jaya. 

Jumlah Pengunjung Semakin Ramai, Tingkatkan Pendapatan Asli Desa

Sangatta, DiswayKaltim.com - Program Gerbang Desa Madu yang digagas Bupati Kutim Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, senada dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo.

Program tersebut membuat desa lebih mandiri. Dari 18 kecamatan dan 139 desa di Kutim mulai merasakan program desa membangun tersebut.

Gerbang Desa Madu membuat desa yang ada di Kutim berlomba-lomba lebih mandiri, kreatif, dan dapat menghasilkan pendapatan asli desa (PADesa). Serta membuat perekonomian masyarakat desa tumbuh.

Desa Bumi Jaya, Kecamatan Kaubun, Kutim menangkap peluang dikembangkannya destinasi wisata. Ada sekitar 14 hektare lahan yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Salah satunya dengan membuat kolam renang. Pembangunan kolam renang di desa tersebut mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Alhamdulillah pembangunan 2 kolam renang yang dimulai sejak 2018 sudah terealisasi, satu untuk remaja, dan anak-anak. Dengan tujuan dapat menghasilkan PADesa di Bumi Jaya," ujar Kades Bumi Jaya Yus Yulianto.

Untuk masuk kolam renang, dikenakan tarif Rp 20 ribu untuk reguler. Sementara jika mendaftar sebagai member, bisa lebih murah. Hanya Rp 12 ribu per orang.

“Masyarakat sangat antusias dengan kehadiran kolam renang ini, terbukti pengunjung yang datang sangat ramai. Mulai dari remaja, anak-anak beserta orang tua,” ungkapnya.

Yulianto melanjutkan, ke depan target selanjutnya adalah membuat destinasi wisata lainnya. Mulai dari permainan anak-anak hingga dewasa.  Membuat danau wisata sekaligus sebagai lokasi mancing.

"Ditambah ada flying fox dan rekreasi lainnya. Tujuannya agar banyak masyarakat datang ke desa serta dapat menghasilkan PADesa dan dapat meningkatkan perekonomian desa,” jelas Yulianto. Nantinya, di dalam areal 14 hektare milik pemerintah tersebut tidak hanya untuk tempat wisata. Akan tetapi juga akan dibangun untuk tempat olahraga masyarakat desa.

Tentu juga pembangunan irigasi serta wisata kuliner juga menjadi proyek desa untuk direalisasikan ke depannya. "Yang penting ini semua untuk peningkatan ekonomi desa yang lebih baik," sebutnya.

Sementara Kadis DPMD Kutim Suwandi menambahkan, Dana Desa apabila digunakan dan disalurkan melalui pembangunan dengan baik, bukan saja desa itu yang menikmatinya. Tetapi juga desa- desa sekelilingnya juga ikut menikmati.

“Kolam renang Desa Bumi Jaya, pesat sekali pengunjungnya setiap hari. Dari tetangga desa, bahkan lintas kecamatan, dan sudah dapat memberikan hasil serta pemasukan setiap hari untuk PADes itu sendiri. Alhamdulillah dan terimakasih pak Camat Kaubun serta Kades Bumi Jaya," ujarnya.

Suwandi menyebut pembuatan kolam renang merupakan ide cemerlang. Hal ini diharapkan dapat dijadikan percontohan untuk desa-desa lain.

"Alhamdulillah, pengunjungnya banyak berarti PADesa meningkat, tinggal pengelolaannya yang bagus dan bisa ditambahkan wisata kulinernya. Luar biasa Desa Bumi Jaya, fokus dan tuntas,” tambah Suwandi. (oke/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: