DPRD Balikpapan Optimis Program RPJMD di APBD 2022 Terpenuhi

DPRD Balikpapan Optimis Program RPJMD di APBD 2022 Terpenuhi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh, berkomitmen alokasi anggaran pembahasan APBD 2022 disusun dengan menyesuaikan visi misi wali kota terpilih. Agar antara rencana kerja dan realisasi program pemkot bisa selaras.

Hal itu disampaikan sebagai komitmen politik dari pihak legislatif sebagai mitra kerja pemerintah dalam melayani masyarakat. Terutama di bidang kesehatan dan pendidikan yang menjadi janji politik kepala daerah saat kampanye 2020 lalu.

Menurut Abdulloh, saat ini DPRD Balikpapan masih melakukan pembahasan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Penyusunan APBD 2022 akan tetap mengacu pada kondisi keuangan daerah dan visi misi wali kota yang baru. Di mana penggunaan APBD mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026.

“Kami sudah alokasikan semua untuk pemenuhan visi misi wali kota. Dasar pembahasan APBD 2022 adalah sudah mengacu pada RPJMD walikota terpilih periode 2021-2026. Seperti BPJS gratis dan subsidi pendidikan,” ujarnya, Rabu (4/8/2021).

Dengan mempertimbangkan kondisi keuangan diperlukan penyesuaian terhadap kondisi anggaran lainnya saat program visi misi wali kota ini jadi direalisasikan, karena kebijakan tersebut tentunya akan berdampak pada kondisi anggaran yang ada di OPD lainnya.

“Kami memberikan tanda bintang terhadap kegiatan anggaran yang tidak prioritas untuk diarahkan ke program RPJMD,” katanya.

Dirinya optimis, APBD 2022 mampu membiayai program visi misi wali kota saat ini. Karena proses penganggaran sudah mengukur dengan kemampuan keuangan daerah. Termasuk harapan perbaikan perekonomian di tahun depan pasca pandemi COVID-19.

“Kami optimis 2022 bisa terpenuhi. Semoga COVID-19 sudah tidak ada lagi,” tandasnya. Adv/snd/ava

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: