Pembahasan Direct Call Dimajukan, Disperindagkop Undang Stakeholder

Pembahasan Direct Call Dimajukan, Disperindagkop Undang Stakeholder

Heni Purwaningsih. (Mubin/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Akhirnya ada titik terang dalam pelaksanaan pelayaran langsung (direct call). Di Pelabuhan Internasional Kariangau Balikpapan.

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMK) Kaltim bakal mengumpulkan seluruh eksportir.

Selain itu, dinas tersebut akan mengundang peserta business making, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, tim direct call, dan pengelola Kaltim Kariangau Terminal (KKT).

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kaltim Heni Purwaningsih mengatakan, pertemuan akan diadakan di Hotel Grand Victoria Samarinda. Pada tanggal 23 Oktober 2019. “Kami memajukan sehari. Awalnya tanggal 24 Oktober. Menjadi 23 Oktober siang. Undangan sedang diproses. Secepatnya akan kami sebarkan,” ungkap Heni kepada diswaykaltim.com, Senin (21/10/2019) sore.

Fokus pembahasannya, Disperindagkop akan mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan direct call di Kariangau. Juga menggali potensi barang yang dapat diekspor di pelabuhan tersebut.

Tak kalah penting, mengonsolidasi komoditas ekspor. Agar dapat diekspor lewat Pelabuhan Kariangau. Tidak lagi dikirim di Surabaya, Makassar, dan Jakarta.

Heni menyebut, evaluasi terhadap pelaksanaan direct call di Kariangau pada 2018 pun akan dilakukan di pertemuan tersebut. Baik masalah maupun masukan-masukan dari eksportir.

“Kita sudah pernah melakukan tiga kali pengapalan di Kariangau. Kapalnya itu datang ke sini. Tetapi tidak berlanjut. Itu yang akan kami gali lebih lanjut,” bebernya.

Sejatinya, menurut dia, komoditas ekspor di Kaltim relatif banyak. Namun para eksportir perlu digugah. Diminta kesadarannya untuk melakukan direct call di Kariangau.

“Kebijakan untuk mendorong direct call itu sebetulnya sudah ada. Tetapi bagaimana membuka mindset mereka. Untuk ekspor langsung lewat KKT,” katanya. (qn/eny)

Berita Terkait:

Pemprov Serahkan Keputusan Terkait Direct Call ke Disperindagkop

Titik Terang Jalan Direct Call

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: