Tips Amankan Kendaraan dari Curanmor saat Ramadan

Tips Amankan Kendaraan dari Curanmor saat Ramadan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) menjadi atensi serius jajaran Polresta Balikpapan. Wakapolresta Balikpapan, AKBP Sebpril Sesa tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kendaraannya.

"Yang di dalam pekarangan rumah saja bisa dicuri, apalagi yang parkir di luar pekarangan ya. Jadi tingkatkan kewaspadaan dan keamanan," ujarnya. Ia pun menyampaikan beberapa tips agar kendaraan aman saat diparkirkan di halaman rumah:

Kunci stang kendaraan bermotor.

Hal ini agar pelaku kejahatan tidak gampang membawa kabur kendaraan yang sedang terparkir, meski tidak ada kuncinya.

Kunci ganda.

Kunci ganda yang dimaksud adalah selain mengunci stang pada kendaraan, pemilik bisa menambahkan sebuah kunci (gembok) pada bagian tromol rem cakram. Hal ini tujuannya agar kendaraan tidak bisa dibawa begitu saja.

Pastikan lubang kunci tertutup pengaman.

Yang sering dilupakan pemilik kendaraan, khususnya roda dua ialah menutup pengaman pada rumah kunci sepeda motornya. Padahal era saat ini sudah banyak sepeda motor yang dilengkapi penutup rumah kunci. Yang perlu diingat, pelaku kejahatan bisa merusak rumah kunci dengan menggunakan kunci "T". Untuk itu, jika rumah kunci tertutup oleh pengaman, maka pelaku akan kesulitan untuk merusak rumah kunci.

Tambahkan alarm pada kendaraan.

Alarm kendaraan bisa diberikan jika diperlukan. Kata Wakapolresta Balikpapan, adanya bunyi alarm bisa membangunkan pemilik kendaraan dan juga membuat panik pelaku kejahatan. Jika semua hal tersebut abai dilakukan dan terjadi curanmor, maka segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat. Agar polisi dapat segera mencari kendaraan dan pelaku kejahatan curanmor. "Jangan lama-lama untuk melapor. Kalau cepat lapornya, kita juga cepat mendeteksi kendaraan dan pelakunya," tutupnya. (bom/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: