Bekali Mahasiswa Strategi Memasuki Dunia Kerja

Bekali Mahasiswa Strategi Memasuki Dunia Kerja

Balikpapan, DiswayKaltim.com -  STT Migas Balikpapan terus menyiapkan lulusan berdaya saing. Melengkapi kompetensi khusus industri minyak dan gas yang hanya dimiliki kampus ini di Indonesia bagian timur.

STT Migas juga membekali calon wisudawan dengan trik memasuki dunia kerja. Seperti workshop dengan tema Tantangan dan Strategi Memasuki Dunia Kerja. Digelar di Auditorium STT Migas Balikpapan, Kamis (10/10/2019).

Pembekalan ini disambut antusias 356 calon wisudawan/ti Kampus Merah-sebutan STT Migas. Hujan pertanyaan menghiasi sesi pertama yang menghadirkan Human Resources (HR) Forum Balikpapan. Wadah berkumpulnya HR dari 234 perusahaan di Kota Minyak.

Pembekalan itu dinilai penting. Terutama bagi lulusan baru. Seperti diketahui, fresh graduate minim pengalaman. Baik dalam format magang atau kerja.

Marketing Communication Head HR Forum Balikpapan Siti Nurasnah mengatakan, hal itu bukan persoalan besar.

Perusahaan umumnya paham mahasiswa minim pengalaman. Namun hal itu bisa disiasati. Semisal, menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Tentunya kelebihan yang menunjang bidang pekerjaan yang dituju.

Menurutnya, dalam menghadapi dunia kerja mahasiswa harus memetakan kondisi saat ini.

"Apa yang terjadi sekarang ? Nah, ini perlu dipahami. Saat ini kita menghadapi yang namanya talent war. Adalah seseorang secara natural melakukan sesuatu dan sesuatu itu sulit. Untuk itu butuh kesiapan mental, skill, attitude," terangnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ? Sarannya, mahasiswa harus membangun kecakapan diri. Mengembangkan kompetensi yang dimiliki dan kemampuan bekerja. Lalu mengombinasikan pengetahuan, perilaku, sikap dan kemampuan dalam satu paket lengkap.

"Itu juga yang menjadi visi kami. Meningkatkan kapabilitas SDM lokal. Menumbuhkan integrity, continous improvement, dan relationship," ujarnya.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Migas Balikpapan Hamsir S.Pd M.T mengatakan, kegiatan ini penting bagi calon wisudawan. Sebagai gambaran mengantarkan mahasiswa memasuki dunia industri. Kegiatan ini menjadi rutinitas tahunan bidang kemahasiswaan.

"Apa yang disampaikan sangat bermanfaat. STT Migas mempersiapkan banyak hal dalam meluluskan mahasiswa. Selain memang keahlian di bidang migas, juga hal-hal yang seperti ini. Ini kan tidak kita pelajari di perkuliahan. Nah, kita bekali lagi lulusan kita. Supaya lengkap," katanya.

Dalam workshop mahasiswa melontarkan banyak pertanyaan. Seperti bagaimana menjawab pertanyaan rekrutmen soal kelebihan dan kekurangan diri. Juga mengenai gaji yang dikehendaki jika diterima bekerja. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas berikut trik menghadapi proses wawancara.

Untuk diketahui, STT Migas Balikpapan akan menggelar wisuda ke-XVII bagi 356 mahasiswa, Sabtu 12 Oktober 2019 lusa. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dijadwalkan hadir. Juga manajemen Pertamina RU V, Perusda Benuo Taka, Balai Penelitian Teknologi (Balitek) Konservasi Sumber Daya Alam dan beberapa stakeholder lainnya. Wisuda juga dirangkai dengan penandatanganan sejumlah kerja sama.

Dosen Teknik Geologi STT Migas Balikpapan Jamaludin S.Si M.Eng dijadwalkan membawakan orasi ilmiah. Dosen muda itu merupakan lulusan China University of Petroleum bidang ilmu Geokimia Petroleum. (adv/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: