Layanan Administrasi Semakin Mudah

Layanan Administrasi Semakin Mudah

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Kini layanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan semakin mudah dan cepat. Cukup menggunakan Daftar Isian Peserta (DIP) elektronik.

Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) kini disempurnakan. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Samarinda, Achmad Zainuddin mengatakan itu. Penggunaan DIP elektronik bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan administrasi serta mengurangi waktu tunggu peserta. “Peserta tidak perlu repot mengisi formulir lagi, setelah berkas lengkap dan dilayani oleh petugas Service Officer,” terang Achmad, Senin (22/3) lalu. Peserta cukup menuliskan nomor handphone dan alamat jika berbeda dengan KTP. Lalu nama fasilitas kesehatan tingkat pertama dan keperluan administrasi kepesertaan. Selanjutnya peserta dapat langsung menuju antrean layanan dan menunggu dipanggil oleh petugas frontliner. Lebih lanjut, Achmad menjelaskan tata cara pengisian DIP elektronik. Dengan adanya DIP elektronik peserta tidak perlu lagi mengisi formulir secara manual. Cukup membawa persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian petugas frontliner akan mengisikan seluruh data peserta dan keluarga berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terhubung ke data Dukcapil. Lalu melakukan konfirmasi data kepada peserta. Setelah data terisi lengkap, petugas frontliner akan mencetak DIP yang lengkap. Berikut lembar pesetujuan atau informed consent. Lalu menyerahkan pada peserta untuk ditandatangani sebagai bentuk persetujuan. (top/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: