Politani Luluskan 366 Ahli Pertanian

Politani Luluskan 366 Ahli Pertanian

Hamka (kiri) memberikan penghargaan pada 3 wisudawati lulusan terbaik dari 366 peserta.

Samarinda, DiswayKaltim.com - Sebanyak 366 mahasiswa Politeknik Negeri Pertanian (Politani) diwisuda, Rabu (2/10/2019).

Kampus yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo ini meluluskan dari dua jurusan. Yakni, Manajemen Pertanian 296 orang dan 70 dari Teknologi Pertanian.

Momen paling dinanti para mahasiswa itu dipusatkan di Ballroom Lantai 5 Hotel Harris Samarinda Jalan Untung Suropati.

Disaksikan sedikitnya 500 tamu undangan dari para orangtua, kolega dan saudara serta instansi terkait. Tampak suasana suka cita begitu kental mengiringi prosesi angkat sumpah janji wisudawan 10 program studi (prodi) dari 2 jurusan tersebut.

"Jumlah wisudawan Politani Samarinda ini cukup banyak mencapai tiga ratus lebih dan IPK-nya juga tinggi. Di atas rata-rata dan kampusnya sudah terakreditasi B. Dipastikan banyak diminati oleh dunia usaha kerja sesuai bidangnya," jelas Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor mewakili Gubernur Kaltim Isran Nor.

Yadi Robyan berpesan agar ke depan Politani terus meningkatkan kualitasnya lebih baik dan maju. Terlebih prospek ibu kota negara (IKN) akan terbuka lebar banyak membutuhkan sumber daya manusia (SDM) kompeten bidang ilmu maupun aplikasi di lapangan.

"Para wisudawan tahun ini agar menjaga nama almamater kampus dan terus belajar menuntut ilmu dari mana saja. Kemudian mengaplikasikan ilmu yang didapatkan saat kuliah pada lingkungan kerja, maupun bermasyarakat," pesan Direktur Politani Samarinda Hamka, didampingi Ketua Panitia Wisuda Politani 2019, Heriad Daud Saluso.

Dikatakan Hamka, bahwa wisuda ke-29 kali ini merupakan pengalaman pertamanya menjabat sebagai direktur Politani Samarinda. Direktur ke-7 ini memaparkan bahwa saat ini memiliki 1.600 mahasiswa aktif. Terdiri dari Diploma (D2), D3 dan Sarjana Terapan (D4). Kemudian untuk peningkatan pendidikan banyak melakukan berbagai kerjasama untuk peningkatan kualitas Politani.

Di antaranya, MoU dengan berbagai perusahan perkebunan dan kehutanan. Di bidang magang kerja atau PKL dan perekrutan tenaga kerja. Karena kampus yang didirikan sejak 1989 silam di bawah Politani Unmul ini dikatakannya sebagai wadah belajar dan mengasah kemampuan SDM.

"Wisuda kali ini kami mengusung tema Pendidikan Tinggi Vokasi Membangun SDM Handal Berdaya Juang Tinggi untuk Indonesia Maju di Era Industri 4.0," ura pria ramah ini.

Dalam momen ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi 3 wisudawan lulusan IPK terbaik. Di antaranya Prodi D3 Teknologi Hasil Perkebunan (THP) Pasaribu Melva Tama 3,94. Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) Yunita Putri Arinda 3,92 dan Prodi D2 Tanaman Perkebunan (TK) Kiki Hartanti 3,92.

10 prodi dari 2 jurusan Politani Samarinda itu yaitu, Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP), Pengelolaan Hutan (PH), RPL Budidaya Tanaman Perkebunan, Pengelolaan Lingkungan (PL), Teknologi Geomatika (TG), Pengelolaan Perkebunan (PP), Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL), PDD BTP, Program Hasil Perkebunan (PHP), Teknologi Hasil Perkebunan (THP).(ion/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: