Kabel Fiber Optik Selalu Rusak, DPRD Mahulu Minta Pemkab Bertindak Tegas

Kabel Fiber Optik Selalu Rusak, DPRD Mahulu Minta Pemkab Bertindak Tegas

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Ketua DPRD Mahulu, Novita Bulan meminta Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfostandi) serius menangani masalah kerusakan jaringan seluler saat ini.

“Mereka (Diskominfo) harus serius menangani masalah jaringan seluler di Mahulu. Utama sering mengalami gangguan. Sebenarnya apa penyebabnya, kadang hanya bertahan satu atau dua pekan sudah rusak,” ungkap Novita Bulan. Dia mengakui bahwa sudah berulang kali DPRD Mahakam Ulu melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Diskominfostandi sebagai OPD yang menangani telekomunikasi.

Tetapi anehnya, hingga saat ini ternyata belum juga bisa maksimal pelayanan Telkom dan Telkomsel kepada masyarakat.

“Dalam melakukan hearing (dengar pendapat) selalu dijelaskan berbagai upaya untuk memperbaiki dan memaksimalkan bahkan mengatasi daerah-daerah yang belum ada sinyal (blankspot). Namun sampai saat ini belum ada hasilnya,” ungkap Novita.

Selaku Ketua DPRD, Novita Bulan meminta keseriusan Diskominfostandi Mahakam Ulu. Agar bisa melakukan koordinasi dengan Diskominfo Kaltim dan Kementerian Kominfo di Jakarta.  Agar memerbaiki kondisi sistem telekomunikasi nirkabel.

“Kami (DPRD Mahulu) berharap, agar Diskominfostandi kedepan lebih serius dan semestinya bisa aktif mencari solusi dengan para pihak. Untuk menangani hal ini (kerusakan jaringan sinyal),” urainya.

“Sehingga secepatnya agar bisa memberikan pelayanan jaringan telekomunikasi (nirkabel) yang baik kepada masyarakat Mahulu,” tandas Novita Bulan.

Diketahui, kabel fiber optik sudah tersambung lebih dari setahun lalu. Namun jika terjadi gangguan jaringan, alasan yang dilontarkan adalah terjadi putus kabel fiber optik akibat digaruk oleh ekscavator atau alat berat yang menggali di bahu jalan raya.

Kepala Diskominfostandi Mahulu, Nasution Hibau Jaang mengakui  sering terjadi gangguan jaringan  karena putus kabel optik.

“Beberapa waktu lalu putus kabel optik kena garuk oleh alat berat di kawasan Kampung Long Melaham. Namun teknisi dari Diskominfostandi saya turunkan ke lapangan untuk perbantuan memperbaiki atau menyambung kabel optik yang putus,” jelas Hibau Jaang singkat.(imy/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: