DKPP Kirim Petani Muda untuk Diseleksi, Kalau Lulus, Magang ke Luar Negeri

DKPP Kirim Petani Muda untuk Diseleksi, Kalau Lulus, Magang ke Luar Negeri

Mahulu, nomorsatukaltim.com –  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mahulu mengirimkan satu orang petani muda untuk ikut seleksi calon magang ke luar negeri. Seleksi dilakukan di Balai Besar Pertanian Binuang, Kalsel

Kepala DKPP Mahulu, Saripuddin mengatakan, anak petani tersebut bernama Dede Tingang (23). Berasal dari Kampung Mamahak Besar, Kecamatan Long Bagun.

“Jika lolos di Kalsel,  maka dia akan mengikuti magang atau pelatihan pertanian di Jepang atau Taiwan, atau pun Thailand,” ungkapnya.

Magang tersebut merupakan program dari Departemen Pertanian RI. Dengan sasaran negara tujuan yakni Jepang, Taiwan dan Thailand. Di negara pilihan tersebut akan ditempatkan keluarga petani dengan satu orang juru bahasa. Sehingga bisa langsung melihat usaha pertanian di sana.

“Mulai dari rencana pelaksanaan, pengelolaan, sampai pemasaran hasil pertanian dalam mata rantai agribisnis,” urai Saripuddin.

Seyogyanya kata Saripuddin, seleksi dilakukan di tingkat kabupaten. Namun karena kondisi Kaltim saat ini masih terpapar pandemi COVID-19, sehingga DKPP Mahulu mengirim dari lapangan.

“Berharap setelah kembali dari magang, Dede Tingang dapat menjadi contoh bagi petani milenial. Untuk membangun pertanian Mahulu kedepan,” pungkasnya.

Diketahui bahwa Dede Tingang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kedua orang tuanya adalah petani peladang padi gunung lahan kering dan bercocok tanam kakao di Mahulu.

“Harapan saya menjadi lilin di tengah kegelapan malam. Atau tetesan minyak di air yang bisa menyebar. Di luar negeri saya akan berusaha menimba ilmu, selanjutnya akan saya bagikan kepada petani milenial di Mahulu,” pungkasnya.(imy/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: