Sukamto Daftar di Detik-Detik Terakhir

Sukamto Daftar di Detik-Detik Terakhir

Achmad Sofyan. (Mubin/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Akhirnya 12 kandidat mengembalikan formulir di DPC PDIP Samarinda. Di detik akhir. Rabu (18/9/2019) pukul 00.00 WITA.

Achmad Sukamto orang terakhir mendaftarkan diri. Kalangan politisi terdiri dari  Edy Kurniawan, Zuhdi Yahya, dan Siswadi (PDIP). Viktor Yuan dan Achmad Sukamto (Demokrat), Andi Harun (Gerindra), serta Saefuddin Zuhri (NasDem).

Kemudian non partai meliputi Meiliana, Apri Gunawan, Zairin Zain, Barkati, dan Ridwan Tassa.

Ketua Panitia Seleksi Achmad Sofyan mengatakan seluruh pendaftar  telah memenuhi persyaratan.

Namun setelah ditutup pendaftaran pada 17 September hingga 20 September 2019, panitia masih memeriksa kelengkapan berkas bakal calon.

“Apakah SKCK mati atau surat kesehatan masih berlaku atau lain sebagainya. Itu yang belum diteliti. Makanya kita punya waktu dua hari untuk meneliti semua itu,” jelasnya, Rabu (18/9/2019) siang.

Para bakal calon yang mengikuti seleksi, lanjut dia, memiliki kesempatan untuk melengkapi berkas sebelum panitia menyerahkannya ke pengurus DPD PDI Perjuangan Kaltim.

“Paling tidak mereka bisa melengkapinya sebelum tanggal 20 September,” ucapnya.

Di pengurus provinsi, seluruh berkas calon akan diverifikasi. Selama satu sampai dua minggu. Di DPD, tak ada seleksi. Hanya pemeriksaan validitas berkas peserta.

Setelah itu, berkas akan diserahkan kepada pengurus DPP. Akhir bulan ini, 12 orang itu akan mengikuti fit and proper test di Jakarta.

“DPP yang memutuskan dan mengeluarkan rekomendasi dua orang yang terpilih. Rekomendasi calon wali kota dan wakil walikota,” beber Sofyan. (qn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: