Balikpapan Belum Darurat Kabut Asap, Tapi Warga Diminta Waspada

Balikpapan Belum Darurat Kabut Asap, Tapi Warga Diminta Waspada

Kondisi langit kota Balikpapan yang terekam kamera dari Perumahan Pertamina, Gunung Dubs. Dua hari lalu. ===========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Pemkot Balikpapan belum mengeluarkan status darurat. Untuk kabut asap yang melanda Kota Minyak ini. Kualitas udara dinilai masih tergolong sedang. Pun bandara masih beroperasi.

"Belum. Bandara SAMS Sepinggan juga kan masih lancar," katanya kepada DiswayKaltim.com di Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (17/9/2019).

Berdasarkan ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara), kualitas udara Balikpapan saat ini masih kategori sedang.

Namum demikian, meski kategori ISPU sedang dan pihaknya belum mengeluarkan status darurat. Masyarakat haruslah mulai waspada.

"Untuk kesehatan, harus mulai diwaspadai. Tidak melakukan pembakaran hutan, semak. Berkaitan kesehatan, pakai masker. Masker kita punya. Kita siapkan 40 ribu," jelasnya.

Wali Kota dua periode ini mengakui, penanganan kabut asap ini tak mudah. Karena asap berasal dari kebakaran lahan, yang lokasinya bukan di Balikpapan.

"Sejauh ini tidak gampang. Karena asapnya tak bersumber dari kebakaran di Balikpapan," pungkasnya.

Kabut asap menyelimuti Balikpapan sejak beberapa hari terakhir. Asap yang menyelimuti langit Kota Minyak ini diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan. Di daereh Penajam Paser Utara (PPU), Paser dan Kalimantan Tengah. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: