PLN Perpanjang Stimulus Hingga Maret 2021
Balikpapan, nomorsatukaltim.com – PLN memperpanjang waktu pemberian keringanan biaya listrik hingga Maret 2021. Yang diberikan keringanan adalah kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.
Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah guna meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bos Saril mengungkapkan langkah itu menindaklanjuti kebijakan pemerintah. PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus COVID-19 sebelumnya. Stimulus covid bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada 7 Januari 2021. “Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, Jumat (1/1/2021) Bagi pelanggan rumah tangga. Kata dia, program ini memberikan diskon 100 persen kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi, yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Begitu juga pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA akan diberikan 100 persen tagihan listrik. “Kami pastikan pemberian stimulus ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial,” kata Bob. Sama seperti sebelumnya, bagi pelanggan pasca bayar. Bob bilang, bantuan akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan di Tahun 2020. Token listrik stimulus COVID-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon). 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. 3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara: 1. Buka Aplikasi WhatsApp. 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul. 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Selain melalui situs web PLN dan layanan WhatsApp token stimulus juga bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara: 1. Buka Aplikasi PLN Mobile. 2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo. 3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. 4. Token gratis akan muncul. 5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. “Kami buat banyak pilihan akses, supaya pelanggan makin mudah untuk mengambil token stimulus listrik ini,” sebut Bob. Selain itu, Bob menambahkan, PLN juga akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi COVID-19 dapat diterima masyarakat. Dari sisi jumlah penerima stimulus COVID-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 24,16 juta pelanggan, sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi sebanyak 7,87 juta pelanggan. “Sementara jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 459 ribu pelanggan,” tutupnya. (fey/zul)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: