PHKT Dukung Solidaritas dan Kolaborasi Menuju Masyarakat Sehat Bebas AIDS

PHKT Dukung Solidaritas dan Kolaborasi  Menuju Masyarakat Sehat Bebas AIDS

Balikpapan,  Nomorsatukaltim.com - Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2020, Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) kembali mengelar  webinar bagi masyarakat Balikpapan dan Kaltim pada hari 17 Desember 2020 dengan tema "Solidaritas dan Kolaborasi Menuju Pekerja dan Masyarakat Sehat Bebas AIDS", yang sejalan dengan tema hari HIV/AIDS 2020 nasional yaitu “Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Solidaritas: 10 Tahun Menuju Akhir AIDS 2030”.

Kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengundang narasumber terkait HIV/AIDS yaitu Dr.dr.Toha Muhaimin MSc, Akademisi FKM UI, Agus Triwahyuono, penggiat HIV/AIDS, dan dr.Agus Nugroho Triyongko M.Kes dari Medical PHKT. Acara dibuka dengan sambutan dari Rudi Imran, Senior Manager Sr Manager Business Support, dan Dr. Andi Sri Juliarty, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Balikpapan.

Dipandu oleh Mei Mahatthir Gamayel yang juga merupakan penggiat HIV/AIDS dan kampanye anti narokoba, webinar ini berlangsung menarik dan tampak antusias dari para peserta. Berdasarkan pemaparan bahwa saat ini masih ada sekitar 12 juta orang penderita HIV di seluruh dunia yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Menurut para narasumber dan penggiat di bidang HIV/AIDS, kegiatan penyuluhan terkait HIV/AIDS ini sangat penting, baik bagi seorang ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) ataupun masyarakat umum. Dukungan positif kepada ODHA juga memegang peranan penting untuk menjaga kondisi kesehatan penderita HIV/AIDS agar tetap stabil.

Pjs Manager Relations Mira Tripuspita menyampaikan bahwa penting untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat secara luas akan bahaya virus HIV / AIDS ini. “Pada kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, yang membuat resiko kesehatan semakin rentan, perlu solidaritas, kolaborasi dan tanggung jawab bersama untuk membantu mengatasi epidemi AIDS dan juga pandemi COVID-19, serta menjamin hak atas kesehatan untuk semua masyarakat” tambah Mira.

PHKT terus berkomitmen kepada para pemangku kepentingannya untuk mendukung dalam memberikan informasi terkait kesehatan dan keselamatan bersama, terlebih pada masa pandemi COVID-19 ini, dan mengajak masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta selalu mencuci tangan.  (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: