Pengaspalan Simpang RSP-GSM ke Jembatan Long Melaham Berlanjut

Pengaspalan Simpang RSP-GSM ke Jembatan Long Melaham Berlanjut

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Pengaspalan jalan dari simpang Rumah Sakit Pratama Gerbang Sehat Mahulu (RSP GSM) menuju jembatan Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) terus dilakukan.

Semula anggaran pengaspalan akses poros itu menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun karena kondisi pandemi COVID-19, kebijakan pusat, sehingga dana itu ditarik kembali.

“Karena akses itu sangat dibutuhkan, maka dalam rapat bersama Pemkab Mahulu disepakati dibebankan kepada APBD Mahulu,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Mahulu, Yohanes Andi Abeh kepada wartawan di Ujoh Bilang, Selasa (29/9/2020).

Terkait dengan perubahan pos anggaran untuk pengaspalan jalan itu, DPU Mahulu telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII.

“BPJN menyetujui. Sehingga berdasarkan kesepakatan bersama, maka ruas jalan akan diaspal sampai ke simpang Bumi Perkemahan (Buper) di Kampung Long Melaham,” ungkapnya.

“Kemudian dari Simpang Buper Long Melaham sampai ke Kampung Mamahak Besar dengan panjang sekitar 15 kilometer itu, pengaspalannya akan menggunakan dana APBN melalui anggaran proyek multiyears, yang dilaksanakan oleh BPJN XII,” tukas Andi Abeh.

Kesepakatan untuk ruas batas Kubar-Mahulu sampai ke Long Bagun menjadi ruas jalan nasional. Artinya yang akan menangani ruas jalan poros tersebut adalah BPJN. Kabupaten hanya menangani ruas jalan kampung menuju jalan poros.

“Termasuk jembatan Sungai Ratah di poros Kubar-Mahulu ditangani oleh BPJN melalui APBN. Sedangkan jalan pendekatnya diharapkan melalui bantuan provinsi,” tuturnya.

Begitu pula dengan pembangunan jembatan Sungai Long Melaham, akan terus dikebut. Proyek tersebut dibiayai melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemprov Kaltim. (adv/imy/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: