Bank Indonesia Bekali IRT Cara Kelola Keuangan

Bank Indonesia Bekali IRT Cara Kelola Keuangan

Balikpapan, Disway Kaltim.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar pelatihan pengelolaan keuangan. Pesertanya ibu rumah tangga (IRT) anggota Gerakan Wanita Matilda (GWM).

Puluhan anggota GWM itu mendapatkan Training of Trainer (ToT) dengan narasumber Pakar Perencana Keuangan Ahmad Gozali  dan Ketua TP PKK Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi, Jumat (6/9/2019).

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto. Peserta dibekali ilmu mengelola keuangan keluarga agar dapat mengoptimalkan pendapatan keluarga. Dan menghindari pengeluaran yang kurang diperlukan. Sehingga kesejahteraan keluarga dapat terjamin.

“Nantinya mereka yang sudah ikut ini didorong menjadi duta komunikasi di masyarakat untuk mengedukasi cara pengelolaan keuangan keluarga secara tepat,” ungkapnya, saat membuka kegiatan.

Melalui kegiatan tersebut, BI berharap dapat meningkatkan literasi terhadap pengelolaan keuangan keluarga. Serta mendorong untuk melakukan perencanaan yang baik. Termasuk menentukan pengeluaran belanja agar tidak berlebihan.

“Sehingga nantinya secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap permintaan barang di pasar dan berperan dalam pengendalian inflasi,” ulasnya.

Pada kesempatan sama Arita Rizal Effendi mengatakan. Bekal pengelolaan keuangan ini untuk mengingatkan kembali bahwa pendapatan keluarga digunakan sesuai kebutuhan. Bukan untuk belanja yang tidak penting. “Intinya untuk mengingatkan kembali ke ibu-ibu untuk menggunakan uangnya lebih bijak atau apabila ada kelebihan digunakan untuk investasi,” tuturnya.

Apabila pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik maka kedepan untuk masa depan seperti kebutuhan sekolah untuk anak sudah dimiliki. “Dalam mengelola keuangan harus disiplin, dan menahan belanja berlebih,” ujar Arita Rizal Effendi. (k/fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: