#CeritaMancing Bagian 3: Berburu Monster di Area ‘Terlarang’

#CeritaMancing Bagian 3: Berburu Monster di Area ‘Terlarang’

#CeritaMancing bagian ketiga ini akan bercerita soal kerapu raksasa dari perairan Bontang.

Bontang, nomorsatukaltim.com - Baru-baru ini postingan ikan kerapu seberat 60 kilogram ramai dijagat maya. Ada 5 ekor kerapu yang diunggah, paling besar berukuran seperti drum. Besar sekali.

Kulitnya hitam. Sisiknya pun terlihat masih kokoh. Yang berhasil menangkap kerapu itu pemancing Bontang.

Tangkapan ikan kerapu jumbo sebenarnya bukan kali pertama ini. Sudah beberapa kali kerapu ukuran raksasa ramai berseliwer di media sosial warga Bontang.

Menariknya pemancing hanya menangkap dengan alat pancing sederhana. Istilahnya 'mancing dasaran'. Sebutan bagi pemancing yang menyasar ikan di dasar laut.

Spot unggulan pemancing di Bontang beragam. Seperti, spot Attaka, Rig Ataka, Rig Serang, dan banyak lagi. Rata-rata berada tak jauh dari sumur minyak.  Tapi spot kerapu andalan ada di Rig Serangan. Lokasinya 1,5 jam dari pesisir Bontang: Berbas Pantai.

"Kalau mancing kerapu rata-rata di sana (Serangan) sih," ujar Andri pemancing lokal Bontang.

Di Bontang pemancing biasanya mulai 'berburu' pada hari Sabtu. Lalu pulang lagi esok harinya. Mereka bermalam. Begadang semalaman. Menunggu si raksasa laut menyambar umpan.

Para pemancing kerapu punya persiapan berbeda. Senar mereka dimodifikasi. Pangkal senar dilapisi kawat supaya tak putus saat ada tarikan.

Kerapu raksasa sangat mudah memutus senar. Bahkan senar ukuran 200 lbs sekali pun. Makanya pemancing lokal harus mengakali raksasa dasar laut ini. Saat menariknya pun dibantu mesin.

"Wah kalau strategi pemancing beda-beda sih, tapi kebanyakan yah begitu diganti kawat," ungkapnya.

Rig Serang ini banyak dilirik pemancing lokal. Pun rig-rig yang ada di Selat Makassar lain. Tapi paling ramai memang di sana. Yang ingin mengincar kerapu raksasa.

Banyak ikan-ikan besar di daerah rig. Di bawah rig itu banyak pipa-pipa. Di situlah ikan bersantai dari arus bawah laut. Dan disitu jugalah mangsa dari ikan raksasa itu banyak berada.

Tetapi memancing di sekitar rig sebenarnya dilarang. Kawasan terbatas. Pun dijaga oleh aparat. Di kawasan rig tak boleh pemancing merapat. Tapi ikan-ikan raksasa kerap menantang siapa pun untuk mendekat.

"Caranya yah jangan memancing dekat dengan rig, di sekitaran saja lah. Yang jelas tak jauh-jauh amat dari sana," ungkapnya. (wal/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: