RSUD AM Parikesit Kukar Bakal Dapat Alat Aferesis

RSUD AM Parikesit Kukar Bakal Dapat Alat Aferesis

Kukar, nomorsatukaltim.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara (Kukar) akan mendapat aferesis. Alat ini semacam perangkat donor darah. Tapi tidak seperti lazimnya. Karena bisa menyaring berbagai komponen di dalam darah. Baik yang dibutuhkan oleh si penerima donor, atau pun tidak. Alat aferesis ini didapat dari Kementerian Kesehatan RI.

Donor Aferesis disebut-sebut bisa dipakai untuk terapi penderita COVID-19. Dengan menggunakan plasma darah eks penderita COVID-19 yang telah sembuh. Setelah diambil dan diolah, kemudian diberikan kepada pasien yang sedang menjalani perawatan.

"Ini sedang proses, dalam waktu dekat akan dapat kirimin dari Kemenkes," ujar Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti pada Disway Kaltim.

Martina berharap pemberian dari Kemenkes RI ini bisa segera datang. Syukur-syukur bulan depan. Agar bisa segera dioperasikan di RSUD AM Parikesit Kukar.

Awalnya pemkab Kukar melakukan penganggaran menggunakan Dana Insentif Daerah (DID), yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 8 miliar. Penganggarannya bersama untuk pembelian alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dan alat medis habis pakai. Namun urung terjadi, karena mendapatkannya dari Kemenkes.

"Ini mau dikasih dari Kemenkes, gak pakai DID. (Anggaran sebelumnya) Dipakai untuk kebutuhan lainnya," pungkas Martina.

Diketahui, Aferesis mampu menyaring darah pendonor. Seperti plasma darah, sel darah putih, dan sel darah merah. Serta menyaring darah yang dianggap merupakan sumber penyakit. Selain itu digunakan untuk donor darah, juga bisa digunakan sebagai terapi.(mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: