Mendikbud Kukuhkan WBTB Kaltim

Mendikbud Kukuhkan WBTB Kaltim

Samarinda, Nomorsatukaltim.com - Kabar baik bagi pecinta dan penggiat budaya Kaltim. Sebab, 10 benda warisan budaya di Kaltim sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dikukuhkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) belum lama ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim Sofia Rahmi mengatakan, pengumuman ini dikemukakan saat acara Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se-Kaltim, di UPTD Taman Budaya, jalan Kemakmuran.

“10 warisan tersebut adalah warisan budaya pilihan dari Kaltim. Punya potensi besar untuk lebih dikenalkan khalayak luas,” katanya.

10 warisan itu adalah, (Genikg) alat musik dari suku Dayak Benauq, Kubar,  Kelentang, alat musik dari Tanjung Isuy, Suling Dewa alat musik dari Kampong Geleo Barong Tongkok, Kubar, Sape alat musik dari suku Dayak Bahau, Kubar dan Tari Ngerangkau yang merupakan seni pertunjukan dari Barong Tongkok, Kubar.

Selanjutnya ada Tari Gong dari Ujoh Bilang Long Bagun, Mahakam Ulu, Tari Ganjar Ganjur dari Keraton Kutai Kartanegara, danTari Dewa Memanah dari Keraton Kukar.

"Kita sangat bersyukur, karena Kaltim mampu mendapatkan pengakuan secara nasional dari Mendikbud, atas penghargaan dan penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)," tambahnya. (adv/arw/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: