Belajar secara Daring Dibutuhkan Pendampingan Orang Tua

Belajar secara Daring Dibutuhkan Pendampingan Orang Tua

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda Endang Sri Rumiati mengingatkan, selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) ini, peran orang tua siswa sangat penting dalam melakukan pendampingan kegiatan belajar mengajar secara daring terhadap peserta didik.

Apalagi selama kurang lebih 8 bulan ke belakang, proses belajar mengajar dilakukan dengan sistem dalam jaringan (Daring) di kediaman masing-masing siswa dan guru. “Kalau sudah di rumah, memang orang tua menjadi garda terdepan dalam hal pendampingan itu,” tutur Endang.

Situasi seperti saat ini, memaksa beberapa pihak untuk mempercepat kemampuan adaptasi mereka. Terutama, bagi para orang tua yang terbiasa menyerahkan pendidikan anak-anak mereka ke sekolah-sekolah formal.

Endang memahami, tentunya bagi sebagian orang tua, kondisi belajar mengajar melalui daring memberikan tantangan khusus. “Macam-macam ya, mulai dari menguji kesabaran sampai orang tua juga dipaksa harus beradaptasi dengan teknologi yang menjadi media dalam proses belajar saat ini,” imbuhnya.

Karena itu, Endang menjelaskan, jika memang akses siswa terhadap gawai atau teknologi lain memiliki keterbatasan, maka dia mepersilakan kepara orang tua siswa untuk melaksanakan pembelajaran melalui luar jaringan (luring). (adv/top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: