KPU Paparkan Tema Debat Calon Wakil Wali Kota Samarinda

KPU Paparkan Tema Debat Calon Wakil Wali Kota Samarinda

Samarinda, Nomorsatukaltim.com - KPU Samarinda akhirnya menetapkan jadwal debat Calon Wakil Wali Kota Samarinda. Keputusan ini diambil usai Rapat Koordinasi (Rakor) di Hotel Mercure Minggu (8/11/2020), yang menetapkan Selasa (10/11/2020) mendatang menjadi waktu KPU Samarinda menggelar debat publik di Hotel Mercure Samarinda.

Rakor dihadiri Bawaslu Samarinda, Liasion Officer (LO), Kepolisian, EO, dan TVRI. M Najib, Komisioner KPU Samarinda Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipan, dan SDM menyampaikan ada 3 tema yang akan dibahas esok hari. Terdiri atas infrstruktur, narkoba, dan pelayanan publik. Tim penyusun terdiri atas 9 orang telah membuat pertanyaan-pertanyaan terkait 3 tema tersebut.

Sesi debat akan dibagi menjadi 6 segmen dan tiap paslon akan menjawab 3 pertanyaan di tiap sesi. 60 detik untuk bertanya, 90 detik untuk menjawab. Pada saat menyampaikan pertanyaan atau visi misi, paslon akan diundi. Hal tersebut dilakukan agar tiap paslon mendapat kesempatan yang sama dan adil. Paslon nomor urut 1 hingga 3 tetap memperoleh porsi yang sama.

Moderator juga jadi hal krusial sebab dia yang akan memandu jalannya debat. Pertanyaan yang sudah disusun baru akan diketahui oleh moderator saat debat berlangsung. Sehingga kerahasiaannya akan dijamin oleh KPU Samarinda.

“Paslon memilih amplop yang telah berisi pertanyaan. Perihal moderator, masih kami keep dulu. Kali ini berbeda dengan moderator di debat sebelumnya. Kisi-kisinya, dia perempuan,” ungkap Najib saat dihubungi Sabtu lalu.

Ia juga menyebut, debat disiarkan langsung di TVRI dan akun Facebook KPU, serta YouTube seperti debat yang sebelumnya. Tamu yang bisa menghadiri debat juga terbatas. Mereka yang bisa memasuki tempat berlangsungnya debat hanya 3 paslon, 6 orang perwakilan dari tim sukses, Bawaslu Samarinda 2 orang, Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum Kaltim 2 orang. Tak lupa, Komisi Pemilihan Umum Samarinda juga memprioritaskan protokol kesehatan mulai memasuki tempat acara. (adv/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: