Terpapar Klaster Keluarga, Hindari Isolasi Mandiri di Rumah

Terpapar Klaster Keluarga, Hindari Isolasi Mandiri di Rumah

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com - Hal penting disampaikan Kasi P2 Penyakit Menular Dinas Kesehatan kota (DKK) Balikpapan dr. I Dewa Gede Dony Lesmana dalam webinar Menjaga Kesehatan Jasmani di Era Adaptasi Kebiasaan Baru yang digelar RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, Sabtu (7/11/2020).

Klaster keluarga, tergolong cukup rentan penyebaran COVID-19. Kasus terpapar, banyak ditemui. Bahkan banyak ditemui pasien COVID-19 yang melakukan isolasi di rumah.

“Padahal itu membentuk risiko kluster keluarga. Makanya pemerintah membentuk lokasi isolasi mandiri di Asrama Haji,” katanya. Menurutnya, Klaster keluarga cepat berkembangnya. Baik lewat sebaran droplet yang berasal dari percikan batuk, bersin, bahkan berbicara. Termasuk menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus.  Mencegahnya, masyarakat harus menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak minimal satu meter, mencuci tangan di air mengalir atau dengan hand sanitizer. "Jangan membuat kerumunan di luar atau didalam rumah," pesannya. (adv/*/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: