Detik-Detik Mencekam Menjelang Akhir Pilpres Amerika

Detik-Detik Mencekam Menjelang Akhir Pilpres Amerika

Washington, nomorsatukaltim.com – Sebagaimana dikutip dari matamatapolitik.com, Biden, seorang Demokrat, mengaku berada “di jalur” menuju kemenangan di Pilpres Amerika. Sementara Trump, dari Partai Republik, mengklaim “kemenangan besar”.

Presiden Trump telah memenangkan negara bagian Florida, dorongan besar untuk upaya pemilihan ulangnya.

Tapi Biden bisa merebut Arizona, negara bagian yang dulu sangat konservatif. Pemungutan suara ini menutup pertarungan yang panjang dan pahit.

Negara-negara lain pun gelisah. Hasil akhir pastinya belum akan diketahui selama berhari-hari. Seiring surat suara lewat pos dihitung.

Lebih dari 100 juta orang memberikan suara mereka dalam pemungutan suara awal sebelum hari pemilu pada Selasa (3/11), menempatkan AS di jalur jumlah pemilih tertinggi dalam satu abad.

Kontrol Kongres juga dipertaruhkan. Selain Gedung Putih, Partai Republik berlomba-lomba untuk mempertahankan mayoritas Senat.

Partai Republik telah kehilangan kursi Senat di Colorado. Tetapi memperoleh satu kursi di Alabama.

Mitch McConnell (pemimpin Senat Republik) dan sekutu Trump di Amerika, Lindsey Graham, keduanya terpilih kembali.

Dewan Perwakilan Rakyat diperkirakan tetap berada di tangan Demokrat.

HASIL PILPRES

Dengan hasil sementara, Biden memiliki keunggulan yang solid di Arizona. Fox News telah memproyeksikan Biden akan memenangkan negara bagian itu, dan CBS News mengatakan, negara bagian itu condong ke arah Demokrat.

Tetapi kampanye Trump mengatakan, masih terlalu dini untuk mengumumkan pemenang di Arizona. Kekalahan Trump di negara bagian Republik yang pernah diandalkannya itu akan menjadi kemunduran yang berpotensi serius.

Medan pertempuran di Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin (yang mendorong Trump ke Gedung Putih empat tahun lalu) masih terlihat seolah-olah mereka bisa berubah arah.

Pennsylvania, bersama dengan Florida, dianggap sebagai tempat yang harus dimenangkan bagi Trump jika dia ingin menang lagi.

Penghitungan juga sedang dilakukan di dua negara bagian kritis lainnya di Pantai Timur, Georgia, dan Carolina Utara.

Belum ada kejutan yang muncul di negara bagian lain.

BBC juga memproyeksikan Trump akan memenangkan Florida, Iowa, Montana, Alabama, Mississippi, Idaho, Wyoming, Carolina Selatan, Kansas, Nebraska, Utah, Louisiana, Indiana, North Dakota, South Dakota, Kentucky, Tennessee, Oklahoma, Arkansas dan West. Virginia, seperti yang diharapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: