21 Tahun Kubar, Harga Karet Masih Rendah

21 Tahun Kubar, Harga Karet Masih Rendah

Kubar, nomorsatukaltim.com – Tepat 5 November 2020 ini, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) berusia 21 tahun. Namun hari jadinya ini tak diperingati meriah. Meski digelar sederhana, namun dilaksanakan dengan khidmat oleh Pemkab dan DPRD Kubar. Penyebabnya, karena saat ini masih pandemi COVID-19.

21 tahun usia merupakan usia yang cukup dewasa. Banyak harapan masyarakat, agar kedepan Kubar menjadi salah satu kabupaten terbaik ekonominya di Kalimantan.

“saya ucapkan Selamat Hari Jadi Kubar yang ke 21 tahun. Saya bangga Kubar telah berkembang pesat. Tapi saya juga berharap, agar harga getah karet bisa kembali normal. Sekarang hanya Rp 4 ribu per kilogram,” ungkap Aswin (47) salah satu warga  Kecamatan Long Iram, yang kesehariannya mencari getah karet.

Tak beda dikeluhkan sejumlah warga Kecamatan Barong Tongkok. Mereka bangga Kubar telah beranjak dewasa. Pembangunan sarana prasarana di 16 Kecamatan se-Kubar hampir merata.

“Yang sulit saat ini kami yang berprofesi senahai petani karet. Harga getah masih rendah. Dari semula Rp 15 ribu per kilogram, kimi turun jauh menurun jauh menjadi Rp 4 ribu,” urai Yulius (40) salah satu petani karet.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kubar, HM Syirajuddin mengakui memang saat ini usia Kubar sudah cukup dewasa. Kedepan harus tetap bangun fisik dan mental masyarakat.

“Kubar sebagai salah satu kabupaten penyangga Ibu Kota Negara. Sejak saat ini Kubar harus memiliki daya saing,” ungkapnya dusai peringatan HUT ke-21  Kubar, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Kantor Bupati Kubar, Kamis siang.

Untuk menuntaskan pelayanan dan keluhan masyarakat, daerah harus menguatkan daya saing.

“Caranya dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Kubar dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang besar, kedepan harus bisa maju dan sejahtera,” ucapnya.

Sehingga mulai saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Kubar harus menguatkan sinergitas dengan seluruh stakeholder.

“Karena hal itu untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat dalam segala bidang,” tandas Syirajuddi.

DPRD Kubar Dukung Kuat Pembangunan

DPRD Kubar menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda mendengarkan pidato Pjs Bupati Kubar HM Syirajuddin. Kegiatan disiarkan live streaming dari Balai Agung Aji Tulur Jejangkat.

Tak banyak yang hadir di ruang sidang, hanya 4 anggota DPRD Kubar saja. Diantaranya, Ketua DPRD Ridwai, anggota DPRD Minarsih, Agus Sofian, dan H Sopiansyah.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun unutk Kubar. Kedepan kami konsisten mendukung kuat program pembangunan di Kubar,” kata Ridwai.

Fokus DPRD Kubar kedepan yaitu menguatkan pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

“Modal SDM yang mumpuni ditunjang Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, akan mensejahterakan masyarakat. Begitu pula kesehatan. Masyarakat bisa produktif mendukung pembangunan daerah apabila jiwa dan raga sehat,” beber Ridwai.

Percepatan pembangunan suatu daerah, modal utamanya adalah pendidikan dan kesehatan. Jumlah sekolah (SD dan SMP) di Kubar saat ini sudah cukup. Tersebar di 190 kampung, 4 kelurahan, pada 16 kecamatan.

“Kedepan hanya perlu penambahan pembangunan sarana prasarana penunjang. Begitu juga dengan sarana prasarana kesehatan masyarakat,” tambah Ridwai. (imy/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: