Disdikbud Kaltim Gelar Bimtek DAK Fisik

Disdikbud Kaltim Gelar Bimtek DAK Fisik

Samarinda, Nomorsatukaltim.com - Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan dan Evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik SMA tahap awal digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (Kaltim) digelar 30 Oktober – 1 November, di Hotel MJ Samarinda. Prosesnya tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Tujuan kegiatan ini yaitu menyatukan persepsi tentang pelaksanaan DAK Fisik Tahun 2020.

Selain Bimtek juga ada pelaporan kegiatan DAK dan evaluasi pelaksanaan DAK Fisik yang sudah memasuki tahap II itu.

Acara ini dihadiri Kepala Disdikbud Kaltim, Anwar Sanusi dan Kasi Sarana dan Prasarana Bidang SMA, Atik Sulistyowati.

Anwar berpesan agar para peserta dapat mengamati materi yang disampaikan. Sementara, Atik Silistyowati menjelaskan DAK bakal menjadi satu kesatuan antara pembangunan, rehabilatasi, pengadaan dan afirmasi.

“Artinya pihak sekolah tidak lagi melaksanakan sendiri kegiatan fisik yang sifatnya teknis,” katanya. Kepala Sekolah menurutnya, akan lebih dapat berkonsentrasi serta fokus pada pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di sekolahnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 49 orang dan berasal dari Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Ia menambahkan, DAK tahun ini merupakan kegiatan pengadaan barang atau jasa (Swakelola) yang terakhir diselenggarakan.

"Karena pada tahun 2021 DAK bakal berubah untuk pelaksanaannya, yaitu menjadi kontraktual yang penyesuaiannya adalah ketuntasan," ucapnya. (adv/arw/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: