Kaltim Ikuti 24 Kategori LKS 2020

Kaltim Ikuti 24 Kategori LKS 2020

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional XXVIII tahun 2020, dihelat secara daring. Tema yang diangkat yaitu "Talenta SMK Kompeten dan Berkarakter Menghadapi Era Digitalisasi".

Diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Lomba ini menekankan soft skill. Kegiatan yang juga tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) ini, dilaksanakan mulai 18 - 24 Oktober 2020 mendatang.

Kaltim mengikuti 24 kategori lomba dari total 42 kategori yang dilombakan. Masing-masing kategori lomba hanya di ikuti oleh satu peserta.

Kabupaten dan Kota yang berpartisipasi mewakili Kalimantan Timur antara lain, Samarinda, Balikpapan, Berau, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara (PPU).

Dalam pelaksanaannya Kemudian peserta diarahkan mengirimkan proyek berupa dokumen rekaman/video dan membagikan link github sesuai dengan deskripsi teknis masing-masing lomba.

Selanjutnya akan diseleksi oleh Tim Juri Nasional yang telah ditetapkan Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Ketua Kontingen Provinsi Kalimantan Timur, Suharyono menyampaikan rasa syukur, kepada anak-anak peserta didik yang mengikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK kali ini.

Adapun ke 24 cabang lomba yang diikuti yaitu Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IY Network System Administration), Teknologi Informasi Piranti Lunak Bisnis (IT software Solutrion for Business), Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology), Teknologi Instalasi Kelistrikan (Electrical Installation), dan Industri Pariwisata (Tourist Industry). Kemudian ada Teknologi Mode (Fashion Technology), Kuliner (Culinary), Penataan Rambut (Hair Dressing), Keperawatan Sosial dan Kesehatan (Health and Social Care), Pelayanan Restoran (Restaurant Service), Teknologi Automobil (Automobile Technology), dan Motorcycle Repair and Maintanance.

Selanjutnya ada Teknologi Peternakan (Livestock), Nautika, Teknologi Pengolahan Pangan (Food Technology), Teknik Pengelasan (Welding), Elektronika, Teknik Pemasangan Tegel Keramik Dinding dan Lantai (Wall and Floor Tilling). Ada juga Teknik Tata Udara dan Pendingin (Refrigeration and Air Conditioning), Cloud Computing, Pemasaran Daring (Marketing Online), Teknik Desain Laman (Web Technology), Teknik Distribusi Telekomunikasi (Telecom Distribution Technology), dan terakhir, Famasi (Pharmacy).

Suharyono menjelaskan bahwa, karena dilaksanakan daring, peserta dapat mengikuti lomba meski dilakukan dari rumah atau sekolah masing-masing.

"Meski ditengah wabah COVID-19, semoga para peserta terus menjunjung sportifitas dan mencapai prestasi yang membanggakan,” harapnya. (adv/arw/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: