Disdikbud Kaltim Gelar Workshop Guru Youtuber

Disdikbud Kaltim Gelar Workshop Guru Youtuber

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik) Kalimantan Timur (Kaltim) Gelar kegiatan Workshop Menjadi Guru Youtuber. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Tim Rumah Belajar, M Yahya M.Kom., Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pendidikan (TEKKOM), Armin, dan di dukung oleh Penerbit Buku Erlangga.

Kegiatan pembelajaran secara daring ini diikuti 20 orang peserta antara lain MGMP, SMA/SMK dan SLB. Serta diikuti sebagian peserta dari TK/PAUD, SD dan SMP untuk mengisi jumlah kuota yang telah disediakan untuk wilayah Kota Samarinda. Karena dalam situasi pandemi COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih dilakukan sampai saat ini.

Dalam hal ini, pengajar atau guru disemua jenjang mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, hingga Perguruan Tinggi dituntut untuk memberikan materi secara daring. "Kami merasa terpanggil karena banyak orang tua murid di daerah pedalaman yang anak-anaknya tidak memiliki fasilitas internet," tutur Kadisdikbud Kaltim, Anwar Sanusi.

Menurut Anwar, terkait PJJ ini Disdikbud Kaltim telah menetapkan 10 titik sekolah di Kaltim, agar mampu menjangkau murid-murid yang bertempat tinggal di daerah pedalaman.

Sementara, M Yahya mengatakan ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam model pelaksanan jarak jauh. "Guru harus menentukan model PJJ antara dengan siswa, mengatur jadwal mata pelajaran serta evaluasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, penjadwalan harus diatur sedemikian rupa, agar para siswa tidak tebentur dengan tugas-tugas sekolah lainnya. (adv/arw/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: